6 Keunggulan Asuransi Berbasis Syariah yang Harus Anda Tahu

Keuangan berbasis syariah kini semakin populer di kalangan masyarakat beberapa waktu belakangan. Tak mengherankan jika investasi dan Asuransi kesehatan syariah semakin tinggi peminatnya.

Dari segi manfaat, asuransi berbasis syariah ini sebetulnya tidak jauh berbeda dengan asuransi konvensional. Yang membedakan keduanya hanyalah sistem pengelolaannya saja. Nah, sebelum memilih produk asuransi, berikut ini 6 keunggulan asuransi berbasis syariah yang harus Anda ketahui. 

  1. Konsep Tolong-menolong

Tak hanya dikelola dengan sistem yang sesuai dengan aturan Islam, asuransi syariah mengusung konsep tolong-menolong, seperti yang dilansir dari Beritagar. Berkat konsep tolong-menolong, Anda bisa menikmati manfaat asuransi sekaligus berbuat kebaikan kepada sesama. Secara otomatis, Anda turut meringankan beban mereka yang terkena musibah. 

  1. Lebih Transparan

Keunggulan yang kedua adalah lebih transparan. Kesepakatan yang terdapat dalam kontrak asuransi syariah dilakukan secara transparan sejak awal Anda mendaftar. Adanya transparansi membuat Anda lebih tenang dan aman karena mengetahui apa saja yang tertera pada kontrak sebelum menandatanganinya. 

  1. Sistem yang Lebih Adil

Seperti yang dilansir dari Republika, sistem asuransi syariah menawarkan sistem yang lebih adil karena mengusung konsep tolong-menolong. Hal ini membuat sistem berbagi risikonya pun lebih adil. Sebab dalam hal ini, perusahaan asuransi bertugas sebagai pengelola dana Anda. 

  1. Dana Dikelola Secara Tepat

Keunggulan berikutnya adalah dana asuransi Anda tidak digunakan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan syariah Islam. Semua dana nasabah dikelola oleh perusahaan asuransi sesuai dengan ketentuan syariah yang berlaku. Pengelolaan dana pada asuransi syariah juga melibatkan pihak-pihak yang berkompeten di bidangnya. 

  1. Asuransi Syariah Diawasi Oleh Dewan Pengawas

Perusahaan yang menjalankan keuangan berbasis syariah tidak bisa berlaku seenaknya. Sebab dalam mengelola dana nasabah, perusahaan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah. Dengan adanya dewan pengawas, keuangan lebih terkontrol dan jelas penggunaannya. 

  1. Tidak Ada Dana Hangus 

Dilansir dari Republika, sistem asuransi syariah tidak mengenal dana hangus. Premi yang Anda setoran setiap bulannya merupakan milik Anda sepenuhnya. Tanpa adanya izin dari Anda, pihak perusahaan asuransi tidak memiliki hak atas dana tersebut. 

                Produk asuransi syariah sebenarnya terbagi ke dalam beberapa jenis. Mulai dari produk unit link hingga asuransi kesehatan. Apapun produk yang akan Anda ambil, Anda harus lebih cermat dalam menentukan pilihan. 

Agar bisa menikmati manfaat secara maksimal, pilihlah produk asuransi yang punya banyak keunggulan. Selain itu, pertimbangkan pula prosedur klaim yang mereka tawarkan. Perusahaan asuransi dengan prosedur klaim yang tidak rumit bisa jadi pilihan tepat. 

Setelah membaca ulasan di atas, Anda makin paham dengan keunggulan asuransi syariah, bukan? Supaya kondisi finansial lebih terjamin di saat sakit, mulailah membeli asuransi syariah. 

Post a Comment

0 Comments