Perawatan Khusus untuk Mobil Bekas Agar Harga Jualnya Tetap Tinggi

Apakah Anda ingin menjual mobil lama dan menggantinya dengan yang baru? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar harga jual mobil bekas milik Anda tidak anjlok. Tak hanya untuk mempertahankan harga jual, Anda yang berencana membeli mobil bekas juga harus rutin melakukan perawatan agar kondisinya tetap prima. Dengan performa prima, Anda bisa meminimalkan kemungkinan terburuk yang bisa terjadi selama berkendara, seperti selip saat musim hujan atau kecelakaan akibat kampas rem habis.


Cara Merawat Mobil Bekas

Perawatan mobil harus dilakukan secara menyeluruh, dari mesin, eksterior, hingga interior mobil. Berikut ini beberapa komponen yang harus diperhatikan seperti dilansir dari carsworld.co.id.


  1. Ganti oli mobil secara berkala

Oli merupakan salah satu komponen penting yang menjaga performa mobil. Baik mobil baru maupun bekas. Oli mobil yang tidak diganti dapat menimbulkan berbagai risiko. Salah satunya adalah mobil yang cepat rusak karena terjadi gesekan antar komponen. Supaya kondisi mobil tetap prima, lakukan penggantian oli secara berkala.


  1. Cek kondisi radiator

Yang tak kalah penting dari oli adalah radiator mobil. Radiator berfungsi mendinginkan mesin kendaraan. Apabila radiator bermasalah, maka mobil Anda akan lebih cepat panas dan ujung-ujungnya mobil akan cepat rusak. Untuk menghindari kerusakan radiator, gantilah air radiator dan cek kondisinya secara berkala agar tidak terjadi kebocoran.

  1. Periksa filter karburasi mobil

Saringan filter karburasi yang rusak bisa jadi penyebab mobil sulit dinyalakan. Jika sudah seperti ini, aktivitas Anda pasti akan terganggu. Oleh sebab itu, bersihkan filter karburasi mobil dengan cara menyikatnya menggunakan sikat gigi. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan berkala di bengkel.


  1. Cek kabel mobil

Bagi sebagian orang, kabel mobil mungkin dianggap hal sepele. Padahal, kabel mobil juga bagian penting yang butuh perawatan. Supaya kondisinya tetap terjaga, lakukan perawatan secara rutin. Periksalah apakah ada bagian kabel yang kendur atau putus. Jika kabel mengalami kerusakan, segera lakukan penggantian di bengkel. Selain itu, gunakan juga sparepart asli agar kondisi mobil tetap terjaga.

Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Jual Mobil Bekas?

Pada dasarnya kondisi mesin menjadi faktor utama yang mempengaruhi harga jual mobil bekas. Namun, selain mesin mobil, ada beberapa faktor yang tak boleh Anda anggap remeh.

Seperti yang dilansir dari otomotif.kompas.com, kebersihan mobil juga turut mempengaruhi harga jual. Kebersihan mobil mencakup bagian kabin, bodi, kaca mobil, ruang mesin, sampai kolong mobil. Selain itu, memodifikasi mobil secara berlebihan ternyata bisa menurunkan harga jual. Jadi, sebelum menjual mobil, pastikan Anda mengembalikannya ke kondisi standar.

Terakhir, kelengkapan dokumen dan perawatan secara rutin di bengkel resmi juga bisa membuat harga jual mobil bekas tetap tinggi.

Post a Comment

0 Comments