Tips dan Cara Efektif Untuk Bikin Sepatu Terhindar dari Bau

Sepatu menjadi hal yang selalu menemani aktivitas seharian baik itu digunakan untuk sekolah, bekerja, atau sekedar jalan-jalan. Namun apa jadinya jika penggunaan sepatu sehari-hari bikin sepatu menjadi bau dan kaki tidak nyaman. Anda pastinya pernah mengalami dimana ketika anda melepas sepatu dan tercium bau tak sedap dari kaki dan sepatu.



Cara Untuk Bikin Sepatu Jauh Dari Bau

Sepatu yang bau pastinya akan membuat kaki menjadi tidak nyaman bahkan merasa malu untuk melepas sepatu ketika berkunjung ke rumah teman karena bau kaki. Bau kaki seringkali datang karena sepatu yang ditumbuhi jamur dan bakteri penyebab bau. Berikut terdapat beberapa cara menghilangkan bau sepatu.

1.    Jangan biarkan sepatu dalam keadaan basah terlalu lama
Anda pasti pernah mengalami sepatu basah karena terkena hujan atau hal yang tidak bisa diprediksi. Sesampainya di rumah segera bersihkan dan keringkan sepatu dan jangan biarkan basah dan lembab terlalu lama karena sepatu akan menjadi bau. Sebaiknya gunakan kipas angin atau hair dryer untuk mempercepat pengeringan namun perlu diingat bahwa suhu panas hair dryer dapat merusak sepatu sehingga gunakan mode dingin saat pengeringan.

2.    Simpan sepatu di tempat kering dan sejuk
Hindari menyimpan sepatu di tempat yang lembab dan mudah terkena air karena sepatu yang lembab dapat menjadi sarang pertumbuhan jamur dan bakteri sehingga sepatu menjadi bau. Maka dari itu sebaiknya anda menyimpan sepatu di tempat yang kering dan memiliki sirkulasi udara yang baik agar sepatu tidak bau.

3.    Selalu memakai kaos kaki
Penggunaan sepatu dapat menyebabkan kaki menjadi mudah berkeringat sehingga sepatu menjadi bau. Maka dari itu anda sebaiknya selalu menggunakan kaos kaki ketika memakai sepatu karena kaos kaki dapat menyerap keringat dari kaki sehingga bisa menguap dan menjaga kaki tetap kering dan terhindar dari bakteri. Gunakanlah kaos kaki yang berbahan lembut dan bukan dari kapas karena akan membuat sepatu menjadi lebih kering.

4.    Menggunakan bedak atau deodoran kaki
Terdapat bedak kaki yang dapat menjaga agar sepatu tetap kering, menghambat pertumbuhan bakteri, dan wangi yang dimiliki bedak akan menjaga agar sepatu tidak bau. Cukup taburkan bedak secukupnya sebelum dan setelah mengenakan sepatu. Selain bedak, anda juga dapat menggunakan deodoran di kaki untuk menghambat pertumbuhan jamu dan bakteri penyebab bau.

5.    Letakkan koran di dalam sepatu
Koran ternyata dapat digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu karena koran dapat menyerap keringat di dalam sepatu setelah mengenakannya setelah seharian beraktivitas. Anda tinggal mengambil koran bekas kemudian bungkus sepatu dengan rapi dan rapat hingga ke mulut sepatu. Simpan sepatu dan biarkan semalaman di tempat yang kering dan sejuk atau hingga bau menghilang.

6.    Menghilangkan bau dengan kopi
Kopi menjadi minuman favorit di pagi hari namun kopi ternyata berfungsi untuk menetralkan bau sehingga dapat menghilangkan bau dari sepatu. Caranya yaitu bungkus bubuk kopi menggunakan tisu kemudian masukkan ke dalam sepatu. Sebelum memasukkan kopi, pastikan agar sepatu dalam keadaan kering dan bersih agar kopi tidak menempel pada sisi sepatu. Diamkan sepatu semalaman agar bubuk kopi dapat bekerja dengan sempurna.

7.    Gunakan baking soda
Baking soda sudah umum digunakan menjadi bahan campuran untuk membuat kue namun ternyata baking soda memiliki kegunaan lain yaitu dapat dijadikan sebagai salah satu bahan untuk bikin sepatu bebas dari bau. Baking soda dapat menghilangkan bakteri penyebab bau pada sepatu. Cukup taburkan baking soda ke dalam sepatu kemudian diamkan semalaman dan bersihkan menggunakan sikat pada keesokan harinya.

Deskripsi : bikin sepatu jauh dari bau tak sedap sebenarnya cukup mudah dilakukan sendiri di rumah dan cukup efektif. 

Post a Comment

0 Comments