Diabetes Insipidus Dan Tipe-Tipenya

Diabetes saat ini menjadi salah satu penyakit yang banyak dijumpai di tanah air. Diabetes itu sendiri terdiri dari beberapa jenis yang satu dengan yang lain memiliki gejala yang hampir sama. Banyak orang mengira bahwa diabetes hanya terdiri dari diabetes melitus tipe1, 2, dan 3. Padahal selain itu ada diabetes jenis lain yaitu diabetes insipidus.



Ini merupakan salah satu jenis penyakit diabetes, namun penyakit ini cukup asing di khalayak karena kasus penyakit ini sangat jarang jika dibandingkan dengan diabetes melitus.

Diabetes melitus dengan insipidus memiliki gejala yang hampir sama namun tentu saja kedua penyakit ini memiliki perbedaan yaitu air seni dari penderita diabetes tipe insipidus tidak mengandung glukosa yang tinggi seperti yang dijumpai pada penderita diabetes melitus.

Penyebab diabetes insipidus dan melitus juga berbeda. Jika pada diabetes melitus disebabkan oleh gangguan pada produksi atau kinerja insulin pada diabetes insipidus disebabkan oleh gangguan pada hormon anti diurektik. Hormon ini berperan penting untuk menjaga kestabilan jumlah urin dalam ginjal dan mengontrol pengeluaran urin. Karena penderita kekurangan hormon anti diurektik, hal ini menyebabkan si penderita lebih sering mengeluarkan urin dalam jumlah yang banyak. Karena mengeluarkan urin yang banyak, penderita penyakit ini juga menjadi lebih mudah dehidrasi sehingga si penderita merasa selalu kehausan. Salah satu cara untuk mengobati penderita diabetes ini adalah memberi suntikan hormon antidiurektik.

Diabetes insipidus itu sendiri terdiri dari dua macam yaitu insipidus sentral dan insipidus nefrogenesis. Penyebab dari kedua jenis diabetes ini juga berbeda.

Insipidus sentral
Pada tipe diabetes insipidus sentra ini disebabkan karena kurangnya arginia dalam hormon anti diurektik. Arginia tersebut dikenal sebagai vasopressin atau AVP. Kekurangan asam amino menyebabkan hormon tidak mampu bekerja maksimal untuk proses pembuangan urin dari ginjal.

Insipidus nefrogenesis
Sedangkan untuk insipidus nefrogenesis, penyebab utamanya adalah masalah pada ginjal yang tidak mampy meresepon hormon antidiurektik. Oleh karena itulah air seni dari penderita diabetes tipe insipidus nefrogenesis menjadi encer dan selalu dalam jumlah yang banyak.

Post a Comment

0 Comments