Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Anak


Kegiatan di luar ruangan merupakan aktivitas yang paling menyenangkan bagi sebagian besar anak-anak. Mengenalkan olahraga pada anak sejak usia dini bisa memberikan sejuta manfaat untuk kesehatan si kecil. Tidak hanya bisa memberikan manfaat kesehatan saja, olahraga juga bisa meningkatkan keterampilan, lho! Siapa tahu anak-anak Anda memiliki bakat atau passion di bidang olahraga kelak. Jangan lupa memberikan Fitkidz multivitamin anak yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh anak yang siap beraktivitas kapan saja.


Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Olahraga Bagi Anak

Dalam menentukan jenis olahraga yang tepat untuk buah hati kesayangan, sebaiknya Anda memperhatikan pemilihan olahraga yang sesuai dengan usia anak berikut ini.

1.                  Usia anak sekitar 6-9 tahun
Mengenalkan jenis olahraga pada anak membutuhkan waktu sebab anak masih sulit memahami instruksi yang rumit. Pada usia 6-9 tahun, Anda sebaiknya memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan motorik anak, misalnya lari, bermain bola, gymnastik atau olahraga senam sederhana, renang, dan bela diri. Pastikan Anda memberikan instruksi yang mudah dipahami dengan bahasa yang padat, singkat dan mudah diserap.

Fokuslah pada setiap teknik dan gerakan sebagai dasar sebelum si kecil mengasah kecepatan dan kekuatan mereka. Tentu sistem pengajaran sedikit demi sedikit harus Anda terapkan agar anak tidak bingung. Jika ia memahami teknik dan gerakan yang baik, kelak kecepatan dan kekuatan anak tidak perlu diragukan lagi.

2.                  Usia 10-12 tahun
Pada kategori anak yang mulai beranjak lebih besar atau jelang remaja, pemilihan olahraga yang membutuhkan strategi bisa Anda ajarkan padanya. Pasalnya, anak yang telah berusia 10-12 tahun memiliki kemampuan motorik, berpikir dan mengambil keputusan. Arahan dan petunjuk yang lebih rumit bisa anak pahami lebih baik dibandingkan usia 6-9 tahun. Ia juga bisa melakukan olahraga bersama dengan orang lain atau mampu bekerja sama dengan teman-teman sebaya.

Nah, jenis olahraga apa yang bisa Anda ajarkan pada anak usia ini? Anda bisa memilih jenis olahraga yang lebih kompleks seperti sepak bola, bola basket, bola voli, bulutangkis, basket dan lain-lain. Tidak ada salahnya mengkombinasikan jenis olahraga agar anak Anda bisa belajar banyak hal baru. Cenderung belajar pada salah satu olahraga saja bisa membuat anak bosan. Misalnya anak lebih suka olahraga berenang, Anda juga bisa mengenalkan si kecil pada jenis olahraga lain seperti sepak bola.

Seiring perkembangan usia remaja atau rentang usia anak 12 tahun keatas, mereka memiliki kedewasaan sehingga mampu mengendalikan diri lebih baik. Anak bisa memilih jenis olahraga yang paling disukai. Mereka lebih menikmati dan mampu mengembangkan kemampuan diri di bidang olahraga lebih baik. Semua jenis olahraga sangat baik dilakukan anak usia remaja SMP dan SMA.

Ada banyak manfaat olahraga yang bisa meningkatkan kesehatan si kecil, mengoptimalkan kebugaran dan daya tahan tubuh, menurunkan risiko obesitas, membentuk postur tubuh lebih baik, meningkatkan pertumbuhan tulang, dan masih banyak manfaat positif yang lain. Sebagai orangtua, Anda sudah sepatutnya mendukung aktivitas positif anak. Jaga daya tahan tubuh mereka dengan memberikan suplemen Madurasa Fitkidz.

Kenapa Anda harus mempertimbangkan produk Madurasa? Fitkidz multivitamin anak merupakan produk yang terbuat dari bahan-bahan alami antara lain Sari Pyhllanthi, Madu, Vitamin B kompleks, Temulawak, Kurma, Lysine, dan vitamin C. Kandungan alami dalam multivitamin yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh si kecil tanpa efek samping berbahaya. Mengkonsumsi suplemen Madurasa setiap hari, kenapa tidak? Yuk, dapatkan produk Madurasa Fitkidz di apotek atau toko obat terpercaya seluruh Indonesia!

Post a Comment

0 Comments