5 Alasan Mengapa Kaos Jersey Original Dihargai Tinggi


Jika berbicara mengenai sepak bola dan futsal, maka tidak lengkap rasanya jika tidak berbicara mengenai seragam jerseynya. Jersey bola, baik itu jersey futsal maupun sepakbola kini sedang sangat digandrungi untuk dikoleksi. Tidak heran jika kini banyak bermunculan vendor jasa bikin jersey futsal di sekitar kita.

Hal tersebut sesuai dengan kenyataan bahwa ternyata banyak penggemar futsal maupun sepakbola yang memilih untuk membeli jersey kw karena harga jersey original sangatlah mahal. Namun, disisi lain  jersey original pun nyatanya masih banyak diburu, karena beberapa orang masih lebih menyukai kualitas jersey original daripada jersey kw.
Namun, coba bayangkan jika pada setiap musim klub-klub kesayangan Anda selalu merilis jersey baru dan Anda tidak mau ketinggalan untuk membeli jersey aslinya. Maka akan ada banyak sekali jersey yang harus Anda beli. Padahal harga jersey original itu terkenal mahal. Untuk musim 2019/2020 jersey klub sepakbola Eropa saja sudah menembus angka 800 ribu rupiah hingga 1 juta rupiah untuk sebuah jersey saja. Wah, cukup membuat kantong kita kering, kan?
Mengapa Kaos Jersey Bola Original Dihargai Tinggi?
Ada banyak sekali faktor yang membuat harga jersey original mahal. Apa saja faktornya? Yuk, simak ulasan berikut!
1. Nilai tukar Rupiah mengalami kemerosotan terhadap nilai tukar Dollar
Beberapa tahun terakhir, nilai rupiah memang mengalami kemerosotan terus menerus meski beberapa waktu ini sudah mulai menguat di angka 14.095 rupiah per dollarnya. Namun tetap saja nilai tukar dollar jauh lebih besar daripada rupiah.
Pembelian jersey original dari luar negeri untuk dikonsumsi pasar domestik pun memiliki status impor, sehingga transaksinya pun memakai kurs dollar bukan rupiah. Meski sebagian merk jersey diproduksi di Indonesia, namun kurs yang dipakai tetaplah kurs dollar.
2. Ada kenaikan nilai sponsor dalam jersey klub
Sponsor seakan menjadi jantung setiap klub sepakbola dimanapun berada. Mengapa demikian? karena sponsor memegang peranan penting dalam klub sepakbola profesional untuk meng-cover gaji para pemain klubnya. Misalnya, Klub sepak bola yang populer di Eropa sekelas Manchester United. Klub tersebut memiliki sponsor utama Chevrolet dengan nilai 47 pounds per tahun. Nilai sponsor tersebut membuat Manchester United menaikkan harga jersey timnya sesuai dengan nilai sponsor yang masuk.
3. Sepakbola merupakan olahraga yang kini menjadi bagian dari industri
Jersey menjadi incaran para penggemarnya yang masuk dalam grup merchandise klub dan menjadi pemasukan teratur yang menguntungkan bagi klub pada setiap musimnya. Itu artinya, klub akan mendapatkan tambahan pemasukan dari hasil penjualan merchandise tersebut. Jika jersey atas nama pemain bersangkutan terjual laris, ini akan menguntungkan pemain tersebut karena royalti yang diterima akan bertambah.
Beberapa pemain seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, dan jua Neymar mendapatkan royalti yang tinggi karena jersey dengan nama mereka banyak diincar.
4. Jersey adalah legitimasi dari karya seni
Bahan material, desain jersey, desain logo, hingga nilai klub merupakan sebuah karya seni yang sangat layak diapresiasi setinggi-tingginya. Ya, tidak mudah mendesain suatu jersey klub sepakbola ternama karena banyak sekali bahan pertimbangannya. Apalagi jersey dianggap sebagai identitas, sehingga jangan sampai tidak memiliki kesan bagi pemakainya.
5. Biaya produksi
Ternyata untuk mengurangi biaya produksi, banyak sekali perusahaan apparel besar yang membuat pabrik di kawasan Asia bahkan Afrika. Hal tersebut terjadi karena upah pekerja Asia Afrika dinilai masih rendah. Namun, beberapa waktu terakhir, buruh sudah mulai pintar untuk menuntut upah yang tinggi. Hal tersebut kemudian dapat menyebabkan harga jersey naik.
Bagaimana? Setelah tahu jawaban mengapa harga jersey original mahal, maka tetap akan membeli jersey original atau bikin jersey futsal versimu sendiri?

Post a Comment

0 Comments