4 Tips Menjaga Rantai Motor Agar Kuat dan Bersih

Untuk para Biker musim hujan telah mulai tiba, mungkin di beberapa daerah sering turunnya hujan, kendala yang sering dialami oleh beberapa bikers yaitu kubangan air (banjir) yang menyebabkan motor khususnya rantai motor jadi gampang kotor. Untuk para biker sebaiknya mengunjungi Situs Motor Moladin karena disana banyak sekali tips seputar perawatan Motor.



Persoalan yang paling serius yaitu rantai roda (drive chain) jadi kotor karena keadaan jalan yang becek. Itu membuat rantai motor jadi gampang kendur serta mudah putus atau lepas dan rantai jadi seringkali ada bunyai bising bahkan sampai berkarat.

Untuk para Biker ada beberapa langkah yang gampang untuk menjaga rantai motor supaya masih bersih serta awet. Ada banyak tips yang akan penulis berikan untuk para Biker khususnya untuk beberapa bikers yang sehari-harinya selalu memakai motor untuk alat transportasi nya.

1. Mengatur rantai sepeda motor anda, upayakan setelannya bukan hanya kencang dan juga Anda harus memeriksa pin sambungan dan membersihkannya dari kotoran serta debu.

Umumnya rantai motor itu kotor karena oli atau pelumas yang seringkali kita pakai. Sebaiknya Anda mengecek rantai tiap 1.000 km.

2. Hal yang perlu dilihat yaitu memeriksa pin rantai motor apakah pemasangannya telah benar sebab pin adalah sambungan sekaligus juga pengunci sambungan rantai.

Kadang posisi untuk pin itu cepat sekali berubah. Khususnya waktu motor meluncur kencang serta menerjang lubang. Otomatis membuat desakan rantai untuk menggerakkan motor jadi semakin besar. Itu umumnya yang membuat rantai cepat kendur.

3. Membersihkan rantai motor Anda dari kotoran atau debu yang melekat. Jika tidak dibikin bersih rantai akan cepat rusak serta gampang kering, berkarat serta cepat haus kakrena getas.

Upayakan membersihkan rantai dari debu serta yang lain 1 bulan sekali. Apabila sudah selesai membersihkan lalu lakukan pemberian pelumas. Upayakan jangan gunakan oli sisa tetapi pakai pelumas yang spesial rantai motor..

4. Waktu melakukan pelumasan jangan asal-asalan, sebab umumnya orang memberi pelumas rantai sembarangan tidak memakai cairan yang sudah disarankan.

Waktu lakukan pulumasan rantai upayakan motor di standard 2 lalu nyalakan mesin untuk memudahkan rotasi rantai yang diberi pelumas. Beri pelumas dengan rata sebab jika tidak nanti sisi yang tidak terkena pelumas akan gampang berkarat atau pin-nya kendur.

Post a Comment

0 Comments