5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Lansia

Di dalam kehidupan ini pasti akan menemui masa dimana makhluk hidup menjadi tidak sebaik dulunya. Masa tersebut ialah fase penuaan yang terjadi pada makhluk hidup. Penuaan merupakan proses alami tubuh dan dapat dijalani dengan baik apabila memahami kondisi perubahan yang terjadi pada tubuh. Biasanya masa penuaan pada manusia disebut dengan lansia. Apa yang dimaksud lansia ? Lansia merupakan tahap akhir dari perkembangan pada daur kehidupan manusia dan ditandai oleh gagalnya seorang untuk mempertahankan kesetimbangan kesehatan dan kondisi stres fisiologis nya. Tahap dapat diketahui dari dalam maupun luar orang tersebut. Salah satunya jika dilihat dari kondisi psikis atau dalam seperti penurunan daya ingat terhadap kondisi disekitarnya. Sedangkan jika dilihat dari fisik atau luarnya, seperti kulit mulai mengkriput, mata buram, rambut putih dan masih banyak lagi lainnya.

5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Lansia

Masa penuaan atau lansia biasanya banyak mengalami masalah kesehatan apabila tidak dijaga dengan baik. Karena di masa tersebut daya tahan tubuh seseorang akan mengalami penurunan sehingga mudah terserang penyakit. Gejala yang sering di alami lansia seperti reumatik, konstipasi, sakit perut, dan lain-lain. Hal tersebut dapat di atasi jika orang tersebut tetap menjaga kesehatan tubuh walaupun usia sudah tua. Sehat merupakan hal yang diinginkan semua orang. Untuk itu agar tubuh tetap sehat selalu, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan kebiasaan sehat yang teratur.

Biasanya di usia tua memang indetik dengan masalah gangguan kesehatan. Namun ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar kondisi tubuh tetap terjaga kesehatannya. Pada uraian di bawah ini Anda bisa melihat beberapa cara yang bisa dilakukan seorang lansia agar kondisi kesehatan tubuhnya terjaga dengan baik. Untuk itu langsung saja simak uraian berikut ini.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Lansia dengan Baik

1. Menjaga pola makan

Bagi lansia pola makan merupakan hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan mengontrol pola makan dapat mencegah obesitas, diabetes, dan penurunan daya ingat saat usia di atas 70 tahun. Selanjutnya memperbanyak frekuensi makan (misal, 5 kali sehari) akan tetapi dengan porsi lebih kecil dibandingkan dengan porsi besar di jam makan biasanya. Selain itu, makanan yang dikonsumsi harus diperhatikan dengan memprioritaskan menu yang kaya serat, rendah lemak, dan bebas dari kolesterol. Hindari kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji dan alkohol, serta merokok.

2. Banyak berjalan

Agar kondisi tubuh tetap terjaga alias segar bugar, olahraga ialah solusinya. Tidak perlu berat-berat, cukup melakukan olahraga ringan, seperti berjalan, sangat dianjurkan untuk bisa tetap sehat di usia lanjut. Sesuaikan dengan kemampuan fisik lansia dengan cara mengatur langkah dan jarak, supaya daya tahan tubuh bisa dibangun secara konsisten. Kesehatan tulang juga akan semakin terjaga dengan melakukan olahraga sederhana ini.

3. Menjaga kesehatan gigi

Dalam lingkungan yang biasa ditemukan lansia sering memiliki gigi kropos. Hal tersebut merupakan kondisi yang wajar. Semakin usia menua, lapisan terluar gigi dapat terus terkikis dan semakin menipis. Hal ini membuat gigi para lansia menjadi lebih mudah berlubang dan lebih rentan terhadap penyakit gusi. Solusinya agar gigi tetap terjaga melakukan sikat gigi secara rutin sebanyak 2 kali sehari dan bersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi (dental floss) agar kesehatan gigi tetap terjaga.

4. Usahakan tetap membaca

Membaca merupakan suatu kegiatan yang baik untuk menjaga daya ingat seseorang baik itu anak maupun lansia. Membaca adalah salah satu cara agar kemampuan otak menjadi terasah sekaligus sebagai langkah relaksasi yang baik. Dengan rajin membaca setiap hari walaupun sebentar saja, risiko terkena penyakit penurunan daya ingat, seperti Alzheimer atau demensia, akan bisa berkurang.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan salah satu cara yang sangat baik untuk mengembalikan kondisi tubuh yang sebelumnya lelah menjadi segar kembali. Bagi lansia supaya tetap sehat di usia lanjut, istirahatlah yang cukup. Dengan memenuhi kebutuhan waktu tidur setidaknya selama 7-8 jam setiap hari. Menjaga kualitas tidur yang baik juga dapat mencegah stres, memperbaiki sel-sel tubuh, dan membuat daya tahan tubuh tetap prima.

Sebenarnya usia tua bisa dijalani dengan baik apabila seseorang tersebut dapat menjaga dan memperhatikan kesehatan tubuhnya. Dengan begitu dengan sendirinya tubuh sehat akan selalu ada pada dirinya.

Post a Comment

0 Comments