4 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil


Sebagai pengendara atau pemilik mobil, tentu Anda menginginkan mobil Anda awet dan berumur panjang. Untuk memastikan mobil Anda tetap awet dan nyaman sepanjang hari, maka perlu dilakukan perawatan. Perawatannya mulai dari AC, jok, mesin, aksesoris, dan lain sebagainya. Untuk service AC mobil dapat Anda lakukan di bengkel khusus AC mobil. Sedangkan perawatan yang lainnya dapat Anda lakukan melalui satu bengkel saja secara bersamaan.



Tips Merawat Mobil

Melakukan perawatan pada kendaraan merupakan hal yang sangat mutlak. Perawatan ini dapat dilakukan secara pribadi ataupun rutin secara berkala ke bengkel resmi. Namun, apabila Anda kurang memahami tentang seluk beluk mobil dan perawatannya. Maka simak tips sederhana merawat mobil di bawah ini, khususnya mesin mobil. Karena mesin mobil merupakan satu dari fitur mobil yang sangat krusial keberadaannya.

  1. Cek Oli
Untuk memastikan mesin mobil Anda tetap bekerja optimal, maka Anda perlu melakukan ganti oli setiap 5.000-10.000 km. Untuk mengetahui oli mesin mobil Anda apakah harus segera diganti atau tidak yaitu dengan cara meneteskannya pada tangan. Apabila tangan Anda merasakan ada serpihan-serpihan halus di dalam oli tersebut, maka sudah sepatutnya Anda menggantinya dengan oli mesin yang baru.

  1. Pastikan Kopling Berfungsi Normal
Tips yang kedua berlaku jika mobil Anda bertransmisi manual. Apabila kampas kopling mobil Anda sudah mulai terasa aus, maka perpindahan giginya pun terasa lebih berat. Sulitnya memindahkan gigi ini pastinya akan mengganggu kenyamanan perjalanan Anda. Salah satu ciri apakah kopling Anda berfungsi normal atau tidak ialah persneling yang sulit dipindahkan. Karena  hal tersebut mengindikasikan juga bahwa kampas kopling Anda mulai aus.

  1. Isi Radiator Air Secukupnya
Air radiator memiliki fungsi mendinginkan mesin saat sedang digunakan atau sedang bekerja. Maka dari itu, pastikan Anda mengisi air radiator secara berkala demi menjaga kinerja mesin mobil Anda. Jika Anda sering menggunakan air wiper, isilah dengan air yang bersih jika sudah habis. Dalam hal ini, air radiator atau air bersih memiliki peran yang sangat penting dalam merawat mesin mobil Anda.

  1. Periksa Kabel, Lampu, dan AC
Untuk memastikan mobil Anda baik-baik saja, maka periksa kabel dan lampu mobil secara rutin. Karena akan selalu ada saja kabel lampu yang terputus, sehingga membuat lampu mobil Anda meredup. Hal ini tentunya sangat berbahaya, terlebih jika Anda mengendarai mobil malam hari. Agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan, pastikan seluruh kabel dan lampu mobil berada dalam kondisi normal.

AC mobil juga perlu Anda perhatikan, karena kalau tidak dirawat akan mengeluarkan suara yang berisik saat dinyalakan. Kemudian, angin yang keluar dari AC bisa jadi tidak maksimal bahkan bisa saja mengeluarkan bau yang tidak sedap. Kerusakan AC yang telah disebutkan itu bisa dikarenakan kelalaian Anda yang tidak melakukan service AC mobil secara berkala. Dengan demikian, melakukan perawatan AC penting juga Anda lakukan ya!

Nah, demikianlah beberapa tips sederhana merawat mobil bagi Anda pemilik kendaraan beroda empat ini. Lakukanlah service rutinan ke bengkel secara berkala demi umur mobil yang lebih panjang. Perawatan mobil ini dapat dikatakan hal yang sederhana saja, namun jika Anda lalai bisa berdampak besar bahkan terjadi kerusakan parah. Untuk service AC mobil dapat Anda lakukan di bengkel AC mobil. Sedangkan perawatan mesin, kopling, kabel, dan lampu dapat Anda lakukan di bengkel lainnya.

Post a Comment

0 Comments