Jenis dan Karakteristik Makanan Internasional

Makanan internasional adalah makanan yang sumber-sumber bahan makanannya berasal dari negara tersebut dan mempunyai karakter makanan khas negara tersebut. Makanan enak dan terkenal di dunia banyak macamnya karena di setiap negara mempunyai makanan khas yang membedakan dengan makanan negara lain. Uraian berikut ini merupakan beberapa makanan internasional yang sering dijual di Indonesia.

9 Jenis dan Karakteristik Makanan Internasional

1. Pizza

Jenis dan Karakteristik Makanan Internasional-pizza

Pizza adalah roti berbentuk bundar pipih yang dipanggang di oven kemudian dilumuri saus tomat serta keju mozarella. Biasanya pizza juga ditambahkan bahan bahan topping sesuai selera seperti sosis, daging, paprika, jamur, dan lain lain. Makanan ini digemari oleh orang-orang dari segala usia kita bisa mendapatkannya dengan sangat mudah di berbagai restoran-restoran cepat saji atau layanan pesan antar. Salah satu rahasia kelezatan pizza italia adalah proses pemanggangannya yang dilakukan di dalam oven tradisional dengan bara api. Hal ini dikarenakan jika dipanggan dengan oven listrik, umumnya adonan pizza tipis akan menjadi keras. Pizza yang kita kenal sekarang ini bermula sekitar tahun 1600-an dan pizza saat itu tidak dilumuri dengan saus tomat di atasnya. Kemudian pada tahun 1800-an pizza dengan saus tomat dibawa oleh seorang imigran italia yang berasal dari napoli ke New York, Amerika Serikat.

2. Sushi

Sushi adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dikepal bersama lauk berupa makanan laut, daging, sayuran yang mentah atau sudah dimasak kemudian dicocol dengan kecap dan wasabi. Nasi sushi ini mempuyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Saat ini tidak hanya di Jepang, di seluuh dunia termasuk Indonesia sendiri pun sudah banyak restoran yang menghidangkan makanan ini.

Istilah sushi berasal dari bentuk kata bahasa kuno yang tidak lagi dipergunakan dalam konteks lain. Secara harifah, "sushi" berarti "itu (berasa) masam", suatu gambaran mengenai proses fermentasi dalam sejarah akar katanya. Dasar ilmiah dibalik proses fermentasi ikan yang dikemas di dalam nasi ialah bahwa cuka yang dihasilkan dari fermentasi nasi menguraikan asam amino dari daging ikan. Hasilnya ialah salah satu dari lima rasa dasar yang disebut umami dalam bahasa jepang.

3. Rendang

Rendang adalah masakan daging bercita rasa pedas yang menggunakan bahan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa berjam-jam hingga kering dan berwarna hitam pekat. Masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Brunai, Filipina, dan Thailand. Di daerah asalnya, Minangkabau, rendang disajika dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, masing-masing daerah di Minangkabau memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan menjadi sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar 50 Hidangan Terlezat Dunia yang digelar CNN Internasional. Rendang biasa ditemukan di Rumah Makan Padang di seluruh dunia dan masakan ini populer di kalangan masyarakat Indonesia serta negara-negra di asia tenggara.

4. Kebab

Jenis dan Karakteristik Makanan Internasional-kebab

Kebab adalah sebutan untuk hidangan danging panggang atau daging bakar yang ditusuk memakai tusukan. Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau terkadang menggunakan daging kambing, ayam, ikan atau kerang. Saat ini sepertinya kebab tidak hanya ditusuk, namun juga dapat disajikan seperti burger. Kita dapat menjumpai makanan yang satu ini dibanyak tempat di Indonesia. Harganya pun cukup murah untuk kantong masyarakat Indonesia, sehingga peminat kebab juga banyak.

5. Kimchi

Kimchi merupakan makanan tradisional korea yang sudah terkenal di dunia. Kimchi adalah asinan sayuran hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang paling sering dibuat kimchi adalah lobak dan sawi. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai merah. Kimchi biasanya diletakkan di meja makan sebagai pendamping masakan mirip acar, namun tak jarang pula kimchi dicampurkan langsung ke dalam masakan seperti nasi goreng atau sup.

Kimchi termasuk makanan yang sehat, dikarenakan kimchi yang terbuat dari berbagai macam sayuran kaya akan serat makanan dan rendah kalori. Satu porsi kimchi menyumbang lebih dari 50% kebutuhan tubuh harian akan vitamin C dan karotin. Hampir semua jenis kimchi mengandung bawang bombay, bawang utih dan cabai bubuk di mana semuanya merupakan bahan makanan yang sangat baik bagi kesehatan. Selain sayuran yang digunakan di dalam kimchi juga memberikan kontribusi terhadap nilai nutrisi secara keseluruhan. Kimchi juga kaya akan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium dan besi, serta mengandung semjumlah bakteri asam laktat dari spesies Lactobacillus kimchi.

6. Tortilla

Tortilla (atau biasanya disebut dengan tortilla gandum untuk membedakannya dengan tortilla lainnya), merupakan sejenis roti pipih/tipis yang lembut dan terbuat dari tepung gandum. Awalnya tortilla sebenarnya terbuat dari jagung (corn tortilla), namun sejak kedatangan bangsa Eropa ke Amerika di mana gandum juga turut diperkenalkan maka inovasi pun dilakukan. Tortilla sendiri telah menjadi makanan pokok bangsa Meksiko sejak pre-Columbian, di mana tortilla dibuat dari jagung yang telah mendapatkan perlakukan khusus sebelumnya.

Tortilla jagung dan gandum memiliki perbedaan pada teksturnya, versi jagung biasanya lebih tebal dan lebih berat, sedangkan verdi gandumnya memiliki tekstur yang tidak mudah sobek karena kandungan glutennya yang tinggi, dan ukurannya pun beragam tergantung kegunaannya. Tortilla biasanya di santap bersama dengan daging, kentang tumbuk, keju, dan bahan-bahan lainmya untuk membuat makanan bernama taco, quesadilla, dan burrito. Karena ukurannya yang lebar, besar dan lemas kala digulung atau ditekuk maka tortilla tepung merupakan tortilla yang terbaik untuk membuat burrito, makanan yang asli dari Meksiko Utara. Burrito merupakan jenis makanan Meksiko dan Tex-Mex yang terbuat dari tortilla gandum yang digulung berbentuk silinder untuk membungkus isinya yang terdiri atas nasi, kacang-kacangan, daging, keu, sayuran, dan aneka bahan lainnya.

7. Pancake

Pancake (dalam bahasa Belanda: pannenkoek) adalah kue dadar yang dibuat dari terigu, telur, guka, dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan datar atau pan yang diolesi dengan minyak. Setelah matang pancake bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega, dan sirup mapple, selai, atau madu. Setelah itu pancake juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging. Adonan biasanya dicampur dengan bahan pengembang seperti baking powder, soda kue, ragi, atau kocokan putih telur. Pancake yang enak biasanya adalah pancake yang ringan karena berisi udara yang terperangkap dalam adonan. Adapun juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras. Sewaktu menuangkan adonan ke dalam wajan yang sudah panas di atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian pancake setelah matang menjadi berwarna kuning kemasan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan butter milk, yogurt atau susu kedelai.

8. Spaghetti

Jenis dan Karakteristik Makanan Internasional-spaghetti

Dari sekian banyak pasta yangada, umumnya spaghetti menjadi menu yang paling terkenal dan selalu ada di hampir seluruh restoran di dunia. Kalau di Indonesia, spaghetti dianggap sebagai makanan Eropa yang lebih pas di kantong dibandingkan Fettucine atau Mac and Cheese yang lebih banyak membutuhkan jumlah keu dan juga daging. Spaghetti adalah mie Italia yang berbentuk panjang seperti lidi. Yang umumnya dimasak 9-12 menit di dalam air mendidih, al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi sangat terkenal adalah Spaghetti alla Bolognese yaitu dengan saus daging cincang ditaburi keju Parmesan parut.

9. Bakpao

Bakpao merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena di serap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berarti bungkusan, dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti bungkusan (berisi) daging. Bakpao biasanya dapat diisi dengan bahan lainnya seperti daging ayam, sayuran, selai kacang kedelai, kacang azuki, kacang hijau, dan sebagainya. Kulitnya sendiri dari adonan tepung terigu yang diberi ragi lalu dikukus sampai matang.

Uraian di atas merupakan ulasan mengenai beberapa jenis dan karakteristik makanan internasional. Dengan begitu Anda bisa mengetahui banyak makanan yang ada di dunia. Demikian semoga uraian ini bermanfaat bagi Anda semua.

Post a Comment

0 Comments