8 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Cuka apel merupakan salah satu bahan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Cuka apel terbuat dari jus buah apel yang difermentasi dengan cara menghancurkan apel, lalu memeras jusnya. Bakteri dan ragi ditambahkan ke cairan untuk memulai proses fermentasi alkohol, yang mengubah gula menjadi alkohol. Pada langkah fermentasi kedua, alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (spesies Acetobacter). Asam asetat dan asam malat bergabung untuk memberikan cuka rasanya asam.

8 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

Sebenarnya cuka apel ini sudah dikenal sejak zaman yunani kuno, cuka apel menjadi salah satu bahan pengobatan yang banyak digunakan para ahli kesehatan di masa lalu. Selain itu cuka apel dan air pada zaman dulu juga dimanfaatkan sebagai minuman tentara romawi saat berperang. Bahkan atlet juga meminumnya agar tubuh terasa segar kembali. Semenjak itu banyak para peneliti mengembangkan penelitian akan manfaat cuka apel bagi keseahatan.

Walaupun kandungan vitamin dan mineral di dalam cuka apel tidak banyak, akan tetapi manfaat cuka apel seperti anti-oksidan, asam amino, serta potasium sangat berguna untuk kesehatan. Selain itu Anda juga dapat menemui cuka apel ini di dalam makanan, macam cuka apel untuk saus salad, perisa, serta pengawet makanan. Cuka apel banyak dimanfaaatkan untuk pengobatan di rumah, untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Ada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa cuka apel ini, bisa digunakan untuk membantu perawatan orang yang mengalami penyakit hati, kanker, infeksi bakteri bahkan juga obesitas. Nah, maka dari itu mari simak uraian di bawah ini mengenai apa saja manfaat cuka apel bagi kesehatan Anda. Berikut ini manfaat cuka apel tersebut.

8 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

1. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat pertama ini sangat beguna bagi yang memiliki gula darah tinggi atau diabetes. Penderita diabetes pasti harus memperhatikan akan kadar gula dalam darah dengan serius. Jika gula darah tidak dijaga maka akan memicu berbagai penyakit seperti jantung, stroke, gagal ginjal, dan kebutaan. Suatu penelitian yang di terbitkan dalam jurnal Diabetes Care menyatakan bahwa cuka dapat meningkatkan sensitivitas insulin, terutama saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat.

Saat Anda mengonsumsi cuka apel sebelum makan, maka cuka apel bekerja dengan cara memperlambat proses pelepasan gula dari makanan ke dalam darah. Ini mencegah Anda mengalami sugar rush, suatu keadaan di mana kadar gula dalam darah melonjak tiba-tiba setelah Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat. Dengan begitu maka gula darah dala tubuh dapat terkontrol dengan baik. Pengonsumsian cuka apel paling tepat adalah saat sebelum makan, sebanyak 2 sendok teh yang dicampur dengan air.

2. Menurunkan berat badan

Manfaat cuka apel selanjutnya adalah menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian yang mempelajari efek cuka apel dalam jangka panjang untuk kesehatan, ternyata konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan berat badan, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Pada penelitian tersebut untuk mendapatkan hasil yang baik, mengonsumsi cuka apel 2-4 sendok makan dengan dicampurkan dengan air setiap hari.

Selain itu cuka apel juga dapat meningkatkan rasa kenyang, sehingga membantu seseorang untuk makan lebih sedikit kalori. Dengan begitu otomatis timbunan lemak di perut akan lebih cepat hilang dengan mengonsumsi cuka apel tersebut.

3. Membunuh kuman dalam makanan

Selain untuk pengobatan ternyata cuka apel juga baik ditambahkan dalam makanan. Cuka apel dapat membuat makanan lebih higienis. Di dalam cuka apel terdapat sebuah kandungan yakni asam asetat yang banyak di dalamnya dan terdapat juga di cuka lainnya. Nah kandungan tersebut dapat mematikan kuman berbahaya atau mencegah perkembang biak. Untuk penggunaannya Anda dapat menambahkan cuka apel pada makanan mentah, seperti salad atau lalapan.

4. Mengatasi diare

Cuka apel terbuat dari ekstrak apel yang difermentasi. Fermentasi apel ini menghasilkan senyawa pektin yang membantu mendukung pertumbuhan bakteri baik di usus. Keberadaan bakteri baik di usus ini sangat baik bagi pencernaan, karena dapat melancarkan saluran cerna serta mencegah peradangan pada organ cerna. Beberapa bukti penelitian juga menunjukkan bahwa cuka apel dapat memperlambat proses pencernaan sehingga memberikan waktu untuk feses dapat mengeras sebelum dikeluarkan. Cuka apel yang mentah, organik, dan tidak disaring adalah jenis cuka apel yang direkomendasikan untuk menjadi obat diare alami. Biasanya, cuka apel jenis ini berwarna keruh dan terdapat serat-serat halus di dalamnya.

Meskipun ada penelitian yang menyatakan bahwa bahan ini cukup efektif, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Pasalnya, cuka apel melalui proses fermentasi yang menghasilkan asam asetat. Asam asetat inilah yang pada beberapa orang justru dapat menyebabkan sakit perut, mulas, bahkan memperparah diare.

5. Memutihkan Gigi

Gigi menjadi hal terpenting bagi penampilan banyak orang. Jika gigi terlihat kuning maka akan memunculkan rasa kurang percaya diri dalam menjalankan sebuah aktivtas. Berkumur dengan cuka apel dapat membuat gigi lebih putih. Akan tetapi pada banyak orang, asam asetat dalam cuka apel yang bersifat korosif, bisa mengikis lapisan terluar gigi (enamel), yang berfungsi sebagai pelindung gigi. Terutama jika kita berkumur atau mengonsumsi cuka apel, tak lama dari waktu menggosok gigi. Sebaiknya, beri jarak sedikitnya 30 menit untuk mengonsumsi maupun berkumur dengan cuka apel, dan menyikat gigi. Jika gigi berubah warna dan menjadi ngilu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi.

6. Melindungi sel-sel tubuh

Manfaat selanjutnya yang bisa Anda dapatkan dalam cuka apel ini adalah dapat melindungi sel-sel dalam tubuh. Di dalam cuka apel terdapat sebuah kandungan yakni polifenol. Bahwa banyak buah-buahan, sayuran, kopi dan coklat juga mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan pelindung sel dari penyakir dan penyebab kanker. Meskipun belum ada penelitian menyebutkan guna polifenol dalam cuka apel, manfaatnya dianggap bisa memberikan perlindungan terhadap sel di dalam tubuh.

7. Mengontrol Insulin

Masih bagi penderita diabetes, cuka apel dapat membantu mengontrol kadar insulin. Tubuh membutuhkan hormon ini untuk mengubah glukosa dari makanan, menjadi energi. Namun, kadar insulin yang kelewat tinggi, akan membuat tubuh tidak lagi sensitif terhadap insulin. Kondisi ini disebut insulin resistance, dan memicu diabetes tipe 2.

8. Sebagai obat psoriasis alami 

Di zaman yang semakin canggih ini, banyak penelitian yang memanfaatkan teknologi untuk mengetahui berbegai solusi pemecahan masalah terutama akan penyakit yang ada. Dalam penelitian  National Psoriasis Foundation telah berhasil menemukan manfaat cuka apel sebagai obat psoriasis alami, terutama untuk psoriasis pada kulit kepala. Cuka apel memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi iritasi dan gatal akibat psoriasis. Beberapa orang bahkan sudah membuktikan adanya penurunan gejala psoriasis setelah merasakan manfaat cuka apel selama beberapa minggu.

Uraian di atas merupakan ulasan mengenai berbagai manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh. Dengan begitu diharapkan bisa mengambil manfaat yang dianggap cocok untuk kebutuhan Anda. Akan tetapi untuk lebih baiknya Anda dapat konsultasi dengan dokter agar sesuai dengan apa yang di butuhkan. Demikian semoga uraian ini bermanfaat bagi semua.

Post a Comment

0 Comments