8 Cara Ampuh Mengobati Mata Merah Secara Alami

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kita perlu memperhatikan akan kesehatan tubuh. Karena dengan memperhatikan kesehatan tubuh maka akan memperlancar semua pekerjaan yang sedang dilakukan. Terkadang ada orang yang lupa akan menjaga kesehatan tubuhnya akibat dari aktivitas yang dijalankan terlalu padat, sehingga ia tidak memperhatikan kesehatannya sendiri.

8 Cara Ampuh Mengobati Mata Merah Secara Alami

Salah satunya mata merah atau dalam ilmu kedokteran disebut juga dengan konjungtivitis ini merupakan suatu peradangan yang terjadi pada konjungtiva atau selaput bening yang melapisi bagian depan mata. Pada saat terjadi peradangan pada pembuluh darah kecil di konjungtiva, bagian mata yang seharusnya berwarna putih akan terlihat merah atau merah muda. Selain membuat penampilan kurang enak. Kondisi ini biasanya juga akan membuat penderita akan merasa kurang percaya diri dalam menjalankan aktivitasnya. Bahkan ada saja yang mungkin enggan keluar akibat mata merah ini.

Sementara itu, mata merah sendiri disebabkan karena beberapa hal, seperti menggosok mata, kurang tidur, menatap layar terlalu lama, klorin (dari kolam renang), atau terkena asap. Nah contoh tersebut merupakan salah satu efek dari aktivitas yang kurang memperhatikan kesehatan tubuh khususnya pada mata. Anda pasti tahu bahwa mata merupakan salah satu hal yang terpenting dalam anggota tubuh. Dengan adanya mata kita bisa melihat berbagai tangkapan disekitar, mulai dari hal yang terlihat baik dan buruk dapat terlihat dengan jelas. Oleh karena itu perlu perhatian yang besar akan menjaga kesehatan mata.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati mata merah secara alami dan jika dibandingkan dengan obat dokter akan lebih manjur. Perawatan akan sangat penting jika dilakukan dengan baik. Salah satunya menggunakan cara alami sangat diperuntukan untuk digunakan dalam perawatan khususnya menjaga kesehatan tubuh. Pasti Anda tahu bahwa cara alami lebih baik daripada obat kimia yang memiliki efek samping yang tidak di duga.

Selain itu menggunakan cara alami juga dapat menghemat akan biaya yang diperlukan untuk merawat tubuh Anda. Karena bahan-bahan yang digunakan cukup mudah ditemukan disekitar kita. Contoh bahan alami yang mudah ditemukan disekitar yaitu rempah-rempah, daun sirih dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa langsung memanfaatkan bahan alami tersebut dengan kreatif menggunakan beberapa metode terpercaya. Bukannya tanpa hasil, kebanyakan orang yang mengalami masalah serupa juga telah berhasil menangani nya dengan persentase 100% berhasil tanpa syarat. Untuk itu Anda bisa melihat uraian di bawah ini mengenai berbagai cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati mata merah. Nah, langsung saja simak uraian berikut.

8 Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami

1. Mengusapnya dengan Madu Asli

Madu merupakan bahan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengobati mata merah dengan mudah. Madu juga telah diakui banyak dokter menjadi bahan yang memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit dengan penanganan yang tepat. Pada pengaplikasian madu untuk mengobati mata merah sangatlah mudah, Anda cukup mempersiapkan madu yang asli bukan buatan untuk proses alami ini. Cara mengobatinya yang terutama adalah dengan mengusapnya menggunakan kapas yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat. Jangan lupa sebelum melakukan hal itu, bersihkan mata Anda terlebih dahulu dengan begitu kotoran akan dapat dihilangkan secara maksimal.

2. Air rebusan daun sirih

Daun sirih menjadi bahan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat khususnya Indonesia baik itu dalam pengobatan atau makanan. Daun sirih ini menjadi salah satu obat alami yang dapat digunakan untuk mengobati mata merah. Caranya cukup mudah dan dapat terbilang simpel sederhana. Pertama, siapkan tiga lembar daun sirih lalu cuci terlebih dahulu. Setelah Anda rasa sudah bersih saat mencuci, lalu rebuslah daun sirih ini bersama dengan air sampai mendidih. Setelah itu angkat dan tunggu hingga rebusan tersebut benar-benar dingin. Setelah dingin lalu saring rebusan tersebut menggunakan saringan teh dan ambir air sarinya yang jernih. Terakhir, basulah mata Anda atau bisa meneteskannya seperti obat tetes mata. Walaupun awalnya terasa perih, akan tetapi khasiatnya yang baik untuk kesehatan mata apabila digunakan dengan dosis yang pas. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan secara berlebihan, sebab yang berlebih kurang baik bagi kesehatan.

3. Irisan mentimun

Bahan yang satu ini pasti mudah Anda temui pada makanan atau minuman. Mentimun merupakan pelengkap yang pas digunakan apalagi saat menemui makanan yang pedas. Nah, ternyata selain dibuat dalam makanan mentimun juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Sensasinya yang segar sangat cocok digunakan untuk mengobati mata merah. Cara penggunaannya sangat mudah, cukup dengan mengiris mentimun lalu meletakkannya pada mata. Di dalam mentimun mengandung sebuah anti bakteri yang dapat mengurangi gejala mata merah yang Anda alami. Dengan begitu mata merah tersebut akan cepat sembuh.

4. Kompres dengan susu murni

Susu menjadi bahan selanjutnya yang bisa mengobati mata merah secara alami. Pasti Anda tahu biasanya susu ini banyak digunakan dalam minuman yang menyegarkan. Ternyata susu juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati mata merah ini. Caranya penggunaannya cukup mudah dengan mengompreskannya pada mata. Anda dapat menggunakan kapas yang sudah dicelupkan dan mengkompres pada area yang sakit. Setelah itu tunggulah untuk beberapa waktu sesaat, kemudian lakukan cara ini dengan rutin agar memperoleh hasil yang maksimal pula. Jika mata Anda sudah terasa baik maka hentikan cara tersebut.

5. Air Mawar

Cara yang satu ini mungkin kelihatannya kurang populer di telinga kita ya? Tapi, tahukah Anda? Penggunaaan bunga mawar ini sendiri memiliki manfaat untuk bisa menyembuhkan mata Anda. Caranya bahkan tergolong cukup mudah dan gak sulit sama sekali, jadi Anda hanya perlu memasukkan bunga mawar tersebut kedalam air lalu selanjutnya tinggal membersihkan mata Anda itu dengan air mawar tadi. Mudah sekali bukan? Untuk metode yang satu ini Anda perlu melakukannya tiga kali sehari.

6. Kompres menggunakan jus kentang

Kentang menjadi bahan utama dalam pembuatan salah satu masakan. Akan tetapi kentang juga bisa digunakan dalam pengobatan atau perawatan secara alami. Untuk menggunakan kentang pada gejala mata merah cukup mengambil jusnya terlebih dahulu. Pertama, cuci kentang terlebih dahulu, lalu kupas kulitnya dan parut kentang. Agar tidak susah-susah memarutnya, Anda bisa memanfaatkan blender yang tersedia dirumah untuk menghaluskannya. Setelah semua halus, berikutnya sediakan kain untuk membungkusnya. Nah, pada bungkusan tersebutlah Anda bisa menggunakannya  untuk mengompres selama beberapa menit saja. Lalu, langkah terakhir bersihkan area mata Anda dengan air bersih.

7. Bawang Putih

Bawang putih selain dikenal sebagai bumbu masakan juga memiliki manfaat untuk mengobati dilansir dari ragam fungsinya. Tak heran bawang putih juga tergolong sebagai obat herbal bagi berbagai macam penyakit. Terutama untuk sakit mata merah, beberapa orang sudah ada yang membuktikannya. Proses perawatannya pun sangat mudah dan simple, Anda tinggal mengambil bawang putih di dapur lalu kupas kulitnya dan cuci hingga benar –benar bersih.

Setelah itu keringkan selama beberapa saat dan gunakan handuk bersih. Lalu, potong bagian bawang putih tersebut dan oleskan pada daerah kelopak mata Anda. Walaupun lama kelamaan perih dan mengeluarkan air mata, oleskan saja sampai 2 kali olesan jangan lebih. Menggunakan perawatan yang satu ini memang akan sangat mengganggu aktivitas Anda karena rasanya yang perih, jadi sebaiknya lakukan ketika Anda akan tidur.

8. Kompres menggunakan air hangat

Cara ini merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengobati berbagai gejala salah satunya mata merah. Selain itu cara ini sudah tidak asing lagi ditelinga umum penggunaannya. Dalam mengobati mata merah menggunakan air hangat pun cukup mudah untuk dilakukan. Pertama Anda perlu menyiapkan air hangat terlebih dahulu. Sebelum itu bersihkan mata Anda terlebih dahulu lalu kompres dengan air hangat. Cara ini biasanya digunakan untuk mengatasi mata merah ringan yang bisa menenangkan dan juga mengurangi peredangan. Jadi Anda bisa menambahkannya sebagai cara alternatif lain menangani mata merah atau bahkan mata kuning.

Uraian di atas merupakan ulasan mengenai cara alami yang tepat untuk menangani mata merah. Anda bisa memilih salah satu cara yang dianggap mudah dan cocok dilakukan. Dengan begitu diharapkan pengobatan tersebut tidak terkendala oleh hal yang tidak diinginkan. Apabila Anda sudah mencoba berbagai cara praktis tersebut, namun belum ada hasilnya juga silahkan untuk memeriksakannya secara lebih lanjut kepada dokter kesayangan Anda. Demikian semoga uraian ini bermanfaat bagi Anda semua.

Post a Comment

0 Comments