5 Bisnis Startup yang Berkembang di Indonesia

Bisnis startup kini menjadi sangat berkembang seiring dengan kemajuan teknologi yang modern. Akses internet yang mudah membuah bisnis ini menjadi sangat banyak di minati khususnya generasi milenial sekarang ini. Sebenarnya apakah itu startup? Mungkin masih banyak orang yang belum memahami istilah ini. Kata Startup sendiri merupakan serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis. Di Indonesia sudah banyak berbagai ide bisnis startup yang bisa Anda coba untuk memulainya.


5 Bisnis Startup yang Berkembang di Indonesia

Menurut Wikipedia, arti startup adalah merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang masih baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah ini (Startup) menjadi populer secara internasional pada masa gelembung dot-com, di mana dalam periode tersebut banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan.

Dari definisi diatas, startup merupakan perusahaan yang baru berkembang. Bisnis yang menjadikan teknologi seperti web, internet dan hal lainnya sebagai pendukung keberlangsungan kemajuan bisnis startup ini. Sekarang ini bisnis startup mulai banyak digemari dari generasi milenial terutama anak-anak muda. Kita tahu sebelumnya generasi milenial di Indonesia biasanya hanya tahu cara menghamburkan uang saja demi mengikuti perkembangan gaya atau tren yang sedang hitz. Namun, bagi sebagian generasi millenial sudah mulai mengurangi bahkan meninggalkan kegiatan tersebut dan beralih ke kegiatan yang positif untuk masa depan yang lebih baik. Mereka sadar atas apa yang dilakukan sebelumnya hanya membuat hidupnya buruk, bahkan bisa dibilang sulit mencapai sukses.

Dengan munculnya berbagai bisnis startup ini, membuat generasi milenial bisa memulai sebuah kemajuan untuk mengapai kesuksesan di masa mendatang dengan merintis perusahaan di berbagai bidang yang telah dikuasai, seperti media, fintech dan sebagainya. Yang terpenting Anda memiliki ide cemerlang dan inovatif untuk menarik daya tarik dari investor. Dengan begitu maka perusahaan yang Anda rintis sebelumnya menjadi lebih berkembang dan lebih dikenal olah banyak orang. Untuk itu Anda bisa lihat uraian di bawah ini mengenai apa saja ide bisnis startup yang paling menarik untuk di coba.

5 Bisnis Startup yang Berkembang di Indonesia, Bisa di coba!

1. Augmented dan Virtual Reality

Bisnis startup yang pertama yakni Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR), teknologi ini dianggap sebagai salah satu contoh inovasi terbaik yang di buat oleh manusia. Jika Anda sudah sering melihat dalam film Hollywood yang berefek super canggih. Nah, VR dan AR ini terdapat di dalamnya yang berfungsi membantu manusia untuk bisa merasakan sensasi dunia digital yang akan tampak benar nyata seperti aslinya. Bahkan di waktu kedepannya, Teknologi dari AR dan VR ini akan mulai diterapkan ke semua bidang terkait.

Akan tetapi yang kita tahu sekarang ini game lah yang menjadi industri terbesar pemanfaatan keberadaan AR dan VR,  namun untuk waktu yang akan datang bidang lain pun akan turut mengembangkan dua teknologi ini. Sehingga hal ini tentu saja akan membuat ide startup yang memakai AR dan VR di pandang oleh banyak investor. Kedepannya sudah pasti startup dengan AR dan VR akan memiliki masa depan yang sangat cerah dan menarik untuk mulai digunakan.

2. Layanan Pemerintahan

Selanjutnya bisnis startup yang kedua adalah layanan pemerintahan. Tidak bisa dipungkiri lagi memang sekarang ini ada banyak urusan yang populer hanya masanya saja dan dikatakan sudah ketinggalan zaman. Benarkah demikian?  Ya, namun kebutuhan bagi masyarakat akan urusan pemerintahan bisa dikatakan tidak akan pernah lenyap atau habis. Bahkan di saat semua hal menjadi serba digital, tidak semua dari aparatur Negara yang cukup untuk memahami teknologi masa kini. Oleh karena alasan tersebut lah maka ide bisnis dalam urusan layanan pemerintahan mempunyai potensi yang sangat besar dalam berbagai kalangan masyarakat.

3. Dunia Pendidikan

Kita setiap saat pasti membutuhkan sebuah pendidikan. Tidak tergantung usia tua maupun muda, anak –anak, yang masih remaja atau yang sudah dewasa. Dari berbagai profesi, teknologi dan bidang semuanya membutuhkan media pengajaran yakni pendidikan. Pada masa sekarang ini pun pendidikan tidak hanya dapat kita peroleh di sekolah atau perguruan tinggi saja. Melainkan kita sudah berada di dunia era modern yang memanfaatkan semua kegiatan dalam mode serba digital. Anda bisa mulai untuk memanfaatkan ide bisnis yang satu ini dalam startup. Karena peluang yang besar hingga nanti di masa mendatang.

Pendidikan tersebut bisa saja seputar penggabungan antara teknologi, menciptakan aplikasi khusus dimana sang guru dan murid bisa saling berkomunikasi secara online kapan saja dan dimana saja. Sebenarnya tidak hanya pendidikan ilmu konvensional, aplikasi juga di harapkan dapat memberikan ilmu non formasl seperti halnya kerajinan tangan menjahit, salon, bengkel yang dibutuhkan oleh masyarakat luas. Aplikasi startup di bidang teknologi pendidikan seperti itulah yang dapat di kembangkan untuk negara berkembang seperti Indonesia untuk mengurangi jumlah pengangguran. Dengan begitu jumlah penggangguran dapat berkurang dengan adanya bisnis startup ini.

4. Perawatan Hewan

Pada umumnya jika di amati dari kehidupan masyarakat, semakin tinggi ekonomi sebuah keluarga maka kecenderungan untuk memiliki hewan pemeliharaan juga akan semakin tinggi. Karena itulah Anda bisa coba untuk mengembangkan jasa perawatan hewan yang ada khususnya seperti kucing, anjing, reptil dan hewan peliharaan lainnya. Walaupun kelihatannya kurang meyakinkan, tapi Jika Anda lihat lagi tingkat persaingannya, Startup di jasa perawatan hewan tidaklah memiliki persaingan yang sengit seperti bidang lainnya yang sudah kita sebutkan diatas. Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapat lainnya adalah layanan perawatan hewan diprediksi akan cepat berkembangnya karena telah memiliki pasar dan sasaran sendiri.

Dengan memiliki aplikasi perawatan hewan yang baik, masyarakat akan lebih terbantu dalam memenuhi kebutuhan hobi mereka yang satu ini. Mereka tidak perlu repot –repot mencari jasa terpercaya untuk merawat binatang kesayangan mereka itu. Melalui aplikasi Anda bisa mengembangkan usaha seputar tips merawat hewan sendiri dirumah, cara menangani hewan peliharaan yang tiba –tiba agresif sampai dengan menyewa jasa perawatan dari seseorang secara online. Seraya waktu berlalu, perkembangan di bidang perawatan hewan ini akan semakin jelas terlihat. Jika pelanggan puas, tentu saja tidak menutup kemungkinan usaha startup tersebut akan semakin jaya dan mencapai kesuksesannya.

5. Jasa Penerjemah

Di masa sekarang ini jasa penerjemah sangat dibutuhkan. Banyak perusahaan besar memiliki penejemah bahasa yang duigunakan saat bertemu bersama investor asing atau lainnya. Di era globalisasi, masyarakat dunia di haruskan sudah harus bersatu padu dalam bahasa international. Tidak hanya untuk kebutuhan dalam dunia pendidikan saja, tapi akan semakin luas kebidang yang lain seperti Industri, politik hingga ekonomi. Apalagi sejak kemunculan dan diterapkannya MEA (Masyarakat ekonomi Asean) membuat hubungan diplomatik antar negara -negara ini akan semakin erat dan berkembang. Dengan begitu jasa terjemahan menjadi salah satu ide yang akan dibutuhkan oleh lebih banyak orang. Sehingga sangat memungkinkan para penerjemah bisa menjadi sebuah perusahan berpotensi yang sangat besar.

Uraian di atas merupakan ulasan singkat berbagai bisnis startup yang bekembang di Indonesia. Dengan begitu dapat diharapkan Anda memiliki ide bisnis startup yang bisa bekembang secara pesat. Terutama lagi bisa menarik para investor besar untuk bergabung dengan perusahaan yang Anda miliki. Demikian semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semua.

Post a Comment

0 Comments