4 Ide Peluang Usaha Jasa dalam Bidang IT (Information Technology)

Dunia IT merupakan sebuah dunia yang sangat menjanjikan bagi para wirausahaan muda karena sifatnya yang sangat terbuka bagi siapa saja yang berminat memasukinya. Apa itu IT? Sebenarnya singkatan dari IT itu adalah Information and Technology. Dalam bahasa Indonesia ini memiliki singkatan TI (Teknologi Informasi), istilah ini merujuk pada teknologi yang digunakan dalam menyampaikan atau mengolah sebuah informasi.

4 Ide Peluang Usaha Jasa dalam Bidang IT (Information Technology)

Namun, pada dasarnya masih merupakan bagian dari informasi itu sendiri. Sekarang ini IT merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Banyak teknologi terbaru dan semakin update dalam perkembangannya. IT ini sangat mudah dipahami karena sebagai pengolahan informasi yang berbasis pada teknologi komputer dan erat kaitannya dengan perkembangan teknologi komputasi. Walaupun banyak sekali bidang bisnis IT, tetapi pada umumnya bidang usaha yang sering dimasuki oleh seorang pebisnis baru, yaitu:
  1. Perusahaan pengembangan perangkat lunak aplikasi (software house)
  2. Konsultan implementasi teknologi informasi baik itu implemerntasi hardware maupun implementasi software
  3. Distributor dari produk-produk IT, baik hardware ataupun software
  4. Training dan pendidikan bidang IT.

Selain yang telah disebutkan, beberapa peluang usaha jasa di bidang IT antara lain sebagai berikut.

4 Ide Peluang Usaha Jasa dalam Bidang IT (Information Technology)

1. Jasa instalasi, perbaikan, dan perwatan jaringan komputer

Satu jasa yang paling sulit dicari sekaligus memiliki peluang yang paling besar adalah jasa instalasi, perbaikan, dan perawatan atau maintenance dari jaringan komputer. Bisnis jasa yang satu ini sangat dicari orang, terutama untuk gedung-gedung perusahaan, pabrik, sekolah hingga universitas baru. Demikian juga untuk fasilitas umum seperti stasiun, mall, dan sebagainya.

Jasa instalasi jaringan adalah jasa yang dalam aktivitas kerjanya melakukan pembuatan atau install atau pemasangan jaringan komputer baru, baik untuk gedung baru atau lama, biasanya gedung baru. Setelah rangkaian instalasi dilakukan dan selesai, maka jasa ini akan tetap berlanjut sebagai jasa perawatan dari jaringan komputer tersebut.

Jaringan komputer memiliki kerentanan yang tinggi jika tidak memiliki sarana perawatan, sehingga perusahaan atau kantor sangat umum mencari pihak yang mau menjalankan peranan ini dalam lingkup mereka, dan biasa langsung meminta jasa ini pada perusahaan tempat mereka melakukan instalasi jaringan. Setelah dua bidang tadi, ada juga jasa perbaikan jaringan, mulai dari troubleshot biasa, hingga proses penggantian perangkat yang rusak, entah karena petir, api, atau masalah lainnya yang membuat perangkat harus diganti.

2. Jasa instalasi, perbaikan, dan perawatan CCTV

Jasa ini juga sangat dicari orang, dan bukan hanya perusahaan dan gedung-gedung besar saja, tetapi juga rumah mewah yang ada disekitar kita. Bisnis ini juga memiliki peluang yang besar, sebab memang permintaan dalam lingkup bisnisnya selalu tinggi. Memang dalam segi pendapatan tidak sebaik jasa instalasi, perbaikan, dan perawatan jaringan komputer, namun jasa ini memiliki tingkatan lebih mudah.

3. Jasa instalasi, perbaikan, dan perawatan server

Permintaan akan jasa ini dalam skala besar dan jangka yang panjang sangat menjanjikan, terutama oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki client yang sangat banyak dan memiliki sumber daya server yang besar. Pastinya harus ada pihak yang mampu melakukan kelola dan pengawasan serta perbaikan ketika ada masalah pada server suatu perusahaan. Hal tersebut akan memiliki dampak yang besar dalam lini proses perusahaan.

4. Konsultan keamanan jaringan perusahaan

Memproteksi data penting baik milik perusahaan atau client adalah keharusan. Serangan yang dilakukan orang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan lewat celah-celah yang ada.

Untuk sukses dalam bisnis dalam bidang ini faktor yang paling berpengaruh adalah ketepatan memasuki pasar (time-to-market) dan juga kualitas sebuah produk atau solusi yang dimiliki. Faktor yang kedua yaitu kualitas dari produk atau solusi yang akan menjamin kesinambungan perusahaan dalam bisnis ini.

Post a Comment

0 Comments