Inilah Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan VPN di Ponsel Android

Sekarang ini VPN (Virtual Private Network) menjadi salah satu hal baru yang digunakan semua kalangan, baik itu profesi menengah maupun keatas. Hal tersebut tidak lepas karena kemudahannya membuat orang untuk menggunakan VPN ini. Kemudahan tersebut seperti dapat digunakan secara gratis dengan hanya bermodalkan kuota internet untuk mengunduh di Playstore ataupun AppStore. Dengan begitu kalian bisa mengakses internet secara mudah dan aman.

Inilah Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan VPN di Ponsel Android

Bagi kalian yang belum mengenal apa itu VPN ? Jaringan pribadi virtual atau VPN adalah suatu jaringan private yang menggunakan media jarigan publik untuk menghubungkan antar remote-site secara aman.Wikipedia.

Seperti yang kalian ketahui setiap mengakses internet pasti tidak lepas akan hal yang mengganggu kestabilan keamanan. Seperti adanya peretasan komputer dan pencurian data. Hal tersebut pasti akan sangat membahayakan baik individu maupun bersifat kelompok macam perusahaan, fasilitas umum disekitar.

Terkadang beberapa pengguna sudah mengetahui apa saja keuntungan atau kerugian menggunakan VPN di android masing-masing. Tapi yang belum tahu sebelum itu ada baiknya mengetahui beberapa keuntungan dan kerugian menggunakan VPN ini. Untuk itu kalian bisa menyimak ulasan dibawah ini untuk mengetahuinya.

Keuntungan Menggunakan VPN di Android

1. Dapat mengakses sumber daya tertentu dengan mudah

Sekarang ini banyak perusahan memanfaatkan kelebihan VPN ini sebagai akses file, aplikasi, printer, dan sumber daya lainnya jaringan kantor tanpa mengurangi keamanan.Namun, manfaat ini juga tersedia bagi pengguna biasa, yang dapat menyiapkan VPN mereka sendiri untuk mengakses jaringan asal mereka dengan aman saat mereka berada di luar kota.

2. Melindungi privasi online.

Kata kunci utama di dunia internet adalah privasi, dan VPN unggul dalam menangani kebutuhan tersebut. Bayangkan kalian tidak di rumah dan terpaksa menggunakan hotspot Wi-Fi publik agar dapat terhubung ke internet. Ya, terhubung ke internet saat bepergian lebih mudah dari sebelumnya, tapi banyak dari hotspot tersebut (seperti yang ditemukan di Starbucks dan McDonald's) tidak aman dan dapat digunakan oleh mereka yang memiliki niat buruk untuk mengetahui kata kunci kalian. Di sinilah VPN berfungsi. Karena mengenkripsi lalu lintas internet kalian, VPN dapat membantu mencegah orang-orang tersebut untuk menangkap kata kunci dan info pribadi kalian lainnya.

3. Mengatasi geoblock

Beberapa kelompok atau situs tertentu yang mempraktikkan geoblocking, yaitu sebuah strategi untuk mencegah para pengguna mengakses kontennya  hanya berdasarkan lokasi geografis mereka.Wartawan dan para pembangkang politik memanfaatkan VPN untuk memperoleh penyensoran yang telah disponsori negara. Dalam kasus iPlayer BBC, VPN Inggris dibutuhkan apabila tidak bisa menemukan acara yang diinginkan di Netflix atau Hulu Plus.

4. Unduh tanpa batasan

Keuntungan selanjutnya ialah unduh tanpa batasan. Apa maksudnya? dengan VPN kalian dapat mengunduh berbagai data di web, bahkan film, video dan lagu. Dengan begitu keamanan kalian akan terpastikan dari tuntutan hukum yang mungkin terkait dengan pelanggaran hak cipta.

5. Keamanan optimal dari hotspot Wi-Fi

Dengan VPN dengan koneksi Wi-Fi yang aman, kalian akan benar-benar kebal terhadap serangan peretas, betapapun cerdas dan cerdasnya mereka. Bahkan jika peretas menipu kalian dan memaksa kalian untuk terhubung ke jaringan “jahat”, ia tidak akan dapat mencuri data dari kalian karena mereka sepenuhnya dienkripsi. 

Kerugian Menggunakan VPN di Android

1. Terkandung malware

Bahwa kalian tahu aplikasi VPN gratis yang biasa didownload dapat terkandung malware yang berakibat menginfeksi ponsel android. Jika ponsel android sudah terinfeksi maka dapat merusak sistem dan memperlambat kinerja ponsel kalian. Dengan begitu menjadi terganggu bahkan bisa tidak digunakan sama sekali ponsel yang sudah terinfeksi.

2. Adanya Pencurian Data

Banyak masalah yang dapat kita temui dalam dunia internet. Salah satunya adalah Adanya pencurian data. Ini bukanlah sebuah fenomena yang baru dalam dunia internet, alih-alih bahkan memberi layanan yang aman malah justru mereka mencuri data dari para pemakai aplikasi tersebut. Mengapa hal ini bisa terjadi? karena setiap kalian terhubung melalui server penyedia VPN itu maka, secara tidak langsung pengaruhnya pihak mereka dapat membaca semua situs yang pernah kalian kunjungi bahkan mencurinya. Selain itu juga berpengaruh pada data pribadi kalian yang ada di smartphone tersebut.

3. Server Tidak Cukup untuk Beberapa Penyedia VPN

Ketika server VPN terbatas, menjadi sulit untuk mengakses informasi online secara global. Bahkan jika pengguna mencoba, koneksi yang lambat akan menyebabkan masalah dan ketidakpuasan. Kemudian perlu berkolaborasi hanya dengan penyedia VPN dengan banyak platform untuk kepuasan pelanggan.

4. Penjualan Data

Penjualan Data menjadi sangat merugikan. Dan Ini sendiri telah menjadi sebuah “rahasia umum”. Sebagai contoh dimana umumnya setiap perusahaan yang memberi layanan seperti ISP, Google, Facebook dan lainnya secara tidak langsung telah mengakui bahwa telah menjual data para pelanggannya kepada pihak  yang ketiga. Hal inipun tidak dipungkiri bisa terjadi juga pada layanan VPN ini. Salah satu aplikasi yang pernah diketahui menjual data para penggunanya adalah Hotspot Shield yang menjual data kepada pihak ketiga.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai keuntungan dan kekurangan menggunakan VPN di android. Untuk itu perhatikan dengan baik-baik agar kalian tidak mengalami gangguan saat menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments