Cara Print Exel Agar Tidak Terpotong dan Rapi, Yuk Coba!

Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data. Exel sangat cocok saat digunakan untuk membuat dokumen atau file yang di dalamnya terdapat banyak angka yang di hitung. Dengan exel kalian bisa menghitung angka-angka tersebut dengan mudah.

Cara Print Exel Agar Tidak Terpotong dan Rapi, Yuk Coba!

Exel ini banyak digunakan pada berbagai instansi terkait seperti perusahaan, kenegaraan, dan lainnya. Dengan menggunakan exel ini mempermudah pekerjaan kalian dalam menghitung data dokumen atau file yang membutuhkan perhitungan cepat dan simpel.

Kadang kali kita menginginkan file / data excel yang telah kita buat dicetak, namun karena banyaknya data yang ada di Excel, bisanya kita akan kesulitan dalam melakukan pencetakannya. Nah kali ini saya akan membagikan kepada kalian, bagaimana cara mudah print exel yang rapi dan tidak terpotong saat jadi. Untuk itu simak pada ulasan di bawah ini.

Cara Print Exel Tidak Terpotong dan Rapi

1. Konversi data kalian ke tabel

Exel ini merupakan software yang diperuntukan dalam perhitungan angka dan tabel yang sangat berguna. Jika kalian dapat menguasai exel ini memungkinkan kalian sangat dibutuhkan dimanapun kalian bekerja.

Dalam exel ini, memasukkan data pada kolom baris yang ada di dalamnya. Namun sebenarnya data tersebut masih terlihat sebagai data biasa/bukan tabel. Oleh karena itu, kalian harus ubah ke dalam bentuk tabel terlebih dahulu.

Caranya pun cukup mudah, dengan blok semua data lalu pilih Home > Format as Table > Pilih format yang kalian inginkan. Setelah itu kalian akan diminta untuk input data yang akan dijadikan tabel. Karena tadi sebelumnya kita sudah memilih semua data, silahkan kalian biarkan seperti itu saja. silahkan ceklis pada “My table has headers” untuk memberi tahu bahwa tabel yang kita buat sudah mempunyai header seperti Nama, Nomor, dan sebagainya.

Dengan kalian membuat sebuah data menjadi tabel di excel, ada banyak hal yang bisa kalian lakukan secara otomatis. Contohnya adalah mengurutkan penulisan dari A sampai Z untuk email, dan masih banyak lagi. Selain itu, di excel ini penulsan juga bisa menyaring email berdasarkan kata kunci yang kalian tentukan. Jadi silahkan atur terlebih dahulu data yang akan kalian cetak jika cara ini memang diperlukan.

2. Mengatur print area

Di exel kalian bisa memilih antara kolom atau baris yang ingin kalian cetak dengan menggunakan print area. Secara default semua tabel yang kalian buat akan tercetak. Tapi kalian bisa juga mengatur baris atau kolom yang ingin kalian print sebagian saja.

Caranya cukup kalian kalian blok baris atau kolom yang akan dicetak seperti baris 1-10 saja. Kemudian pilih menu Page Layout > Print Area > Set Print Area. Dengan begitu maka baris 1-10 saja yang akan tercetak. Sehingga yang tercetak hanya yang kalian inginkan saja.

3. Memeriksa data yang tersembunyi dalam Cel

Saat kalian mengetikkan sebuah data yang panjangnya melebihi lebih kolom dan baris, excel tidak secara otomatis melebarkan kolomnya. Dan ketika kalian  mencetaknya data yang tersembunyi tersebut tidak akan ikut tercetak.

Untuk memperlebar kolom tersebut, caranya double klik pada panel kolom di sebelah kanan dan excel akan secara otomatis melebar sesuai dengan data yang kalian ketikkan. Lakuan cara ini pada kolom lain jika diperlukan. Solusi lain yang bisa kalian pakai saat ada terlalu banyak data adalah dengan memakai Wrap Text. Cara menggunakannya sangat mudah, silahkan kalian klik kolom yang ingin diubah, kemudian pilih Wrap Text yang ada di toolbar. Ketika kalian tidak melakukan wrap text ini kemungkinan beberapa data tidak ikut tercetak.

4. Mengatur Orientation, Margin dan Scaling

Cara selanjutnya kalian perlu mengatur orientation, margin dan scaling. Dengan begitu kalian dapat mengatur jarak antara unjung kertas sampai dengan tabel yang kamu inginkan. Untuk mengatur margin ini silakan kalian tekan tombol Ctrl + P untuk masuk ke halaman cetak.

Selain bisa mengatur margin, disini kalian juga bisa mengatur orientasi kertas yang juga tidak kalah penting. Jika tabel yang kalian buat banyak tabelnya, silahkan kalian gunakan orientas Landscape. Jika mempunyai banyak baris data, silahkan pilih Potrait.

Setelah itu kalian juga perlu mengatur margin dengan bawaan exel atau mengaturnya sendiri.
Ada beberapa margin yang perlu kalian ketahui di exel, diantaranya :

Pertama Margin Wide, dimana kalian bisa mengatur tabel yang di cetak dengan margin terlihar lebar dan luas.
Kedua Margin Narrow, akan meminimalisir margin baik itu panjang ataupun lebar dan cocok untuk kolom header yang banyak.
Selanjutnya Custom Margins, dimana kalian bisa mengatur margin secara mandiri atau sesuai dengan keinginan kalian.

Pengaturan margins di atas, bawah, kanan, dan kiri bisa kamu ubah sesuai dengan keinginan kalian. Supaya tabelnya terlihat sempurna, silahkan centang Horizontally dan Vertically pada pengaturan Center on page supaya tabel tercetak di tengah tepat secara vertikal maupun horizontal.

Yang terakhir adalah melakukan scaling atau pengaturan ukuran tabel yang dibuat. Kalian bisa mengatur sendiri apakah tabel mau dibuat kecil atau lebih besar sesuai kebutuhan kalian. Di excel ini hanya bisa mencetak sampai dengan data nomor 49, lebihnya akan dicetak pada kertas yang baru. Jika kalian ingin mencetak semua baris dalam satu kertas saja, silahkan klik No Scaling dan pilih Scaling Fit All Rows One Page.

Selain itu, kalian juga bisa mengatur scalling lebih lanjut secara manual dengan klik Custom Scalling Options… dan akan muncul jendela seperti gambar di atas. Contohnya disini kita akan mencetak tabel dengan menguranginya sebanyak 50%.

Masih di bagian jendela yang sama seperti Custom Scaling Options…, silahkan kalian klik tab Header/Footer kemudian buat header atau footer yang bisa kalian buat saat menggunakan Microsft Word. Menambahkan nomor pada halaman dan tanggal bisa kalian lakukan di sini. Nah dengan begitu kalian bisa mencetak data kalian dengan sempurna.

Akhir Kata

Demikian cara print exel agar tidak terpotong dan terlihat rapi. Ikuti langkah tersebut dengan baik agar kalian memperoleh hasil yang maksimal pula. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments