Cara Mengirim Curriculum Vitae (CV) yang Baik dan Benar Melalui Email

Curriculum vitae (CV; juga ditulis curriculum vitæ) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya. Di beberapa negara, suatu CV biasanya merupakan hal utama yang dijumpai seorang majikan potensial tentang pencari kerja dan sering digunakan untuk menyaring aplikan (orang-orang yang melamar kerja secara daring) ketika mencari pekerjaan, biasanya dilanjutkan dengan wawancara. Dengan begitu pemilik perusahaan dapat mengetahui potensi yang terdapat pada diri pelamar untuk ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan kemampuan tersebut.

Cara Mengirim Curriculum Vitae (CV) yang Baik dan Benar Melalui Email

Bagi Anda yang baru lulus sekolah maupun yang sudah lulus dari bangku kuliah pasti yang diharapkan adalah ingin mendapatkan pekerjaan agar tidak pengangguran. Banyak sekali PT ataupun tempat pekerjaan lain yang menawarkan pekerjaan. Tidak hanya itu selain harus mendaftar banyak persyaratan lain yang biasanya PT berikan kepada bagi siapa saja yang ingin mendaftar. Ada lowongan pekerjaan online ada juga yang offline. Tidak hanya itu biasanya cara mengirimkannya pun memiliki jalur masing masing bagi yang online biasanya bisa dikirim lewat email, bagi yang offline biasanya ada yang mendatangi PT nya langsung dan masih banyak lagi cara lainnya.

Pada masa sekarang ini rata-rata perusahaan banyak memanfaatkan media online untuk mengirim sebuah lamaran. Hal tersebut tentunya akan memudahkan pelamar untuk mengirim lamaran pekerjaannya dengan cepat dan mudah tanpa menunggu waktu yang lama. Selain itu juga menghemat akan pengeluaran yang biasa digunakan untuk membayar uang transport pengiriman lamaran tersebut. Salah satunya menggunakan email untuk mengirim lamaran pekerjaan secara online. Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman, tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.

Biasanya mengirim sebuah Curriculum Vitae melalui email membutuhkan ketelitian agar CV yang dikirim tersebut bisa dilihat dengan baik dan rapi. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menuliskan lamaran secara online tersebut. Pada uraian berikut merupakan cara mengenai mengirim Curriculum Vitae (CV) yang baik dan benar melalui email. Dengan begitu diharapkan Anda dapat menjadi pertimbangan untuk diterima pada PT perusahaan yang Anda inginkan.

Cara Mengirim Curriculum Vitae Melalui Email Supaya Cepat Diterima

Pada uraian di bawah ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan mengirim CV melalui email. Pada dasarnya dengan cara ini CV Anda dapat dilihat dengan cepat sehingga Anda mendapatkan panggilan lebih cepat dari cara biasa.

1. Perhatikan pemilihan subject dan judul email

Hal pertama ketika mendapat email yang akan dilihat adalah judul dan subject dari email tersebut. Begitupun dengan HRD dari sebuah perusahaan, ketika mendapat email masuk yang sangat banyak pasti akan dipilih judul dan subject yang paling tepat.

Untuk menulis format judul serta object nya biasanya ada aturan bakunya yakni seperti berikut.

Melamar Pekerjaan [Jabatan yang diinginkan] – Nama Pelamar
 
Untuk contoh sebagai berikut : Melamar Pekerjaan [ Editor and Chief ] – Hendra Gunawan

Biasanya saat Anda melamar pekerjaan akan ada kode untuk setiap jabatan misalnya CS, ADM, RCV, SM dan kode tersebut biasanya harus dicantumkan di judul email untuk memudahkan HRD memilih surat lamaran di setiap jabatan jabatan yang dipilih.

2. Menggunakan Email Yang Baik dan Benar (Profesional)

Email yang profesional memiliki peluang yang baik dan lebih bagus daripada email yang hanya dibuat asal asalan. Email profesional merupakan email yang sering kita akses lewat hp maupun laptop selain itu email ini menggunakan nama asli kita bukan nama yang aneh ataupun yang tidak berkaitan dengan nama kita sama sekali. Email dengan menggunakan nama asli kita memiliki potensi lebih untuk meyakinkan kepercayaan HRD karena otomatis email tersebut tidak alay dan tidak meragukan sehingga peluang untuk diterima lebih besar.

3. Ukuran File Tidak Terlalu Besar dengan Format Yang Benar

Ukuran file yang tidak terlalu besar dapat membuat cv anda memiliki kesan tidak ribet dan tidak bertele tele. Karena perusahaan yang besar biasanya memiliki spam filter gunanya untuk memfilter email yang berukuran besar biasanya max 2mb. Sehingga sangat disarankan kalian jangan mengirim dengan ukuran file 2 mb apalagi sampai melebihi 2mb itu sangat tidak dianjurkan. Jika kalian mendapat info lowongan pekerjaan dari sebuah situs web untuk mencantumkan scan KTP, scan SKCK, scan CV ataupun yang lainnya ikuti saja sesuai prosedurnya. Tidak usah mengirim scan yang tidak dicantumkan di lowongan pekerjaan. Namun perusahaan saat ini lebih mementingkan hanya CV saja yang dikirimkan lewat email biasanya saat panggilan interview barulah kalian membawa berkas berkas lainnya sesuai dengan keperluan.

4. Isi Email Singkat Jelas Tidak Bertele tele

Untuk mengirim email yang difungsikan untuk mengirim CV yang digunakan untuk melamar pekerjaan saya sarankan menggunakan ejaan EYD yang baik dan benar. Hal ini merupakan hal yang penting untuk meyakinkan HRD sebagai bukti bahwa kita niat untuk melamar pekerjaan di tempat tersebut.

Uraian diatas merupakan ulasan singkat mengenai bagaimana cara mengirim Curriculum Vitae (CV) yang baik dan benar melalui email. Dengan begitu Anda dapat mempersingkat waktu untuk mendapat panggilan untuk bekerja pada perusahaan yang Anda inginkan tersebut. Demikian semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi Anda semua.

Post a Comment

0 Comments