Cara Memilih Pekerjaan Yang Tepat Sesuai Potensi Diri

Mempunyai pekerjaan yang tepat dengan potensi yang dimiliki dalam diri merupakan hal yang di inginkan banyak orang. Apalagi bagi orang yang memiliki cita-cita yang tinggi pasti ingin menggapainya dengan mencoba berbagai macam cara untuk meraih pekerjaan tersebut. Dari survei membuktikan bahwa banyak orang memilih sebuah pekerajaan yang ia anggap cocok, namun setelah ia mendapatkannya alih-alih merasa bahwa pekerjaan yang ia kerjakan tidak cocok dengan dirinya. Sehingga ia merasa ingin beralih untuk mendapatkan pekerjaan baru. Mengingat saat ini sangat susah mencari pekerjaan. Hasilnya ada banyak orang yang merasa putus asa dan mengalami depresi. Yang lain lagi menyerah karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan yang cocok.

Cara Memilih Pekerjaan Yang Tepat Sesuai Potensi Diri

Dalam mencari sebuah pekerjaan merupakan hal yang tidaklah mudah untuk di lakukan oleh sebagian orang. Ditambah lagi setiap tahunnya banyak lulusan mahasiswa dan pelajar yang ingin juga mencari pekerjaan yang layak. Sehingga akibat pertambahan pencari kerja membuat persaingan akan semakin ketat. Secara logika setiap tahunnya perbandingan antara yang melamar kerja dengan lapangan pekerjaan yang tersedia tidak seimbang. Jumlah yang melamar kerja lebih banyak daripada lapangan pekerjaan itu sendiri. Dengan begitu dibutuhkan kemampuan dan kesungguhan yang ada pada diri seseorang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Faktor terbesar angka pengangguran yang semakin banyak meskipun sudah bergelar sarjana sekalipun. Ada juga yang terpaksa memilih suatu pekerjaan yang sedang dibutuhkan meskipun tidak sesuai dengan jurusan yang ditempuh sebelumnya selama masa pendidikan. Ini juga yang akhirnya membuat kualitas kerja yang kurang maksimal.

Sementara itu, saat memilih sebuah pekerjaan dari banyak jenis pekerjaan yang tersedia saat ini membutuhkan pikiran dan persiapan yang matang. Dari beberapa kejadian sebagian besar orang telah gagal memilih pekerjaan dan tidak puas, sebagiannya lagi ia merasa puas akan pekerjaan yang telah di dapatkan. Bagaimana bisa? Mungkin Anda adalah salah satu orang yang baru menginjakkan kaki dalam dunia kerja, atau sekarang sedang berusaha bangkit dalam keterpurukkan. Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang cocok asalkan Anda memperhatikan dengan baik –baik berupa tips dan nasehat terpercaya. Oleh karena itu dibutuhkan keterbukaan untuk menerima berbagai tips dan saran agar Anda memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

Biasanya tips dan saran banyak diberikan oleh orang terdekat dari Anda, Seperti misalnya orang tua, kakak, saudara dan kerabat yang sangat mengasihi Anda. Setiap nasehat yang diberikan adalah nilai positif dan dapat membantu Anda. Tapi mungkin dari Anda ada yang masih bingung dalam menentukan pilihan tempat bekerja yang tepat. Mengingat setiap orang mempunyai karakter, kemampuan dan minat yang berbeda –beda. Maka ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebelum membuat keputusan untuk bekerja. Oleh karena itu simak pada urain berikut mengenai cara memilih sebuah pekerjaan yang tepat sesuai dengan potensi yang Anda miliki.

Cara Memilih Pekerjaan Yang Tepat Sesuai Potensi Diri

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar mendapatkan sebuah pekerjaan yang cocok dengan potensi yang Anda miliki saat ini. Dengan begitu Anda bisa memulai sedikit demi sedikit untuk menemukan pekerjaan yang Anda dapatkan seharusnya.

1. Kenali diri sendiri terlebih dahulu

Tips yang paling utama adalah cobalah mengenali diri Anda sendiri terlebih dahulu. Apa maksudnya mengenali diri sendiri? Anda bisa tanyakan pada diri Anda, jenis pekerjaan seperti apa yang Anda sukai dan kegiatan apa yang membuat Anda tertarik untuk menjalankannya tanpa harus diperintahkan? Ini penting untuk mengetahui apa yang benar –benar Anda nikmati. Jangan lupa untuk mencari tahu juga jenis keterampilan tertentu yang Anda miliki. Misalnya, Anda merasa ahli dalam bidang menjahit, menggambar, menulis, memasak, bermain alat musik dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk bisa membantu Anda mengetahui lebih dalam lagi tentang diri Anda sendiri.

2. Jangan terpengaruh dengan orang lain atau keadaan

Perlu diingat Anda hidup bukan hanya tentang Anda saja melainkan ada orang –orang disekitar kita juga. Sebagian dari mereka mungkin sangat mendukung Anda termasuk keluarga, kerabat dan sahabat, tetapi sebagian nya lagi bisajadi secara tidak sengaja atau bahkan sengaja memberikan dukungan yang negatif. Beberapa orang bahkan lebih suka berkomentar dan mengemukakan opini nya masing –masing terhadap apa yang Anda lakukan.

Mungkin Anda mendengar hal positif tapi tidak menutup kemungkinan juga hal negatif yang dapat menurunkan semangat Anda untuk bekerja. Bagaimana sikap Anda dalam menyikapi hal tersebut? Sekali lagi setelah Anda mengenali diri Anda dan sudah tahu kemana harus melangkahkan kaki, jangan pernah mundur hanya karena omongan orang lain yang tidak mengenakkan atau bahkan keadaan yang terus mendesak Anda untuk berhenti. Tetap memiliki pendirian sendiri dapat membuat Anda tidak akan menyesal nantinya.

3. Kemauan belajar dan rajin

Selanjutnya untuk sikap yang perlu dikembangkan adalah Kemauan belajar dan rajin. Walaupun kemungkinan Anda mendapatkan pekerjaan tertentu yang sudah baik kalau Anda tidak mau belajar, hal tersebut akan percuma saja. Pekerjaan yang tepat dan sesuai bisa Anda dapatkan jika diiringi dengan semangat belajar hal baru dan rajin. Selain membangkitkan nilai positif untuk Anda, atasan dan rekan sekerja Anda pasti akan sangat senang bekerjasama untuk Anda. Anda pun dapat terus mengembangkan potensi diri dan memiliki jenjang karir yang bagus jika Anda terus mau belajar dan tidak malas. Ini adalah kunci mencapai kesuksesan.

4. Mengenali lingkungan pekerjaan

Bagi Anda yang pada akhirnya ingin memilih pekerjaan di sebuah kantor perusahaan, instansi, usaha dan bisnis tertentu, alangkah lebih baik untuk melihat dan mengenali lingkungan tempat Anda bekerja tersebut. Hal ini bisajadi penting sebab dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja Anda dalam bekerja. Seringkali tempat kerja yang kondusif bisa memberikan kenyamanan selama bekerja. Mungkin Anda bisa mencari informasi nya dengan menanyakan pada orang yang bekerja disana atau memanfaatkan internet dan website nya. Setelah mendapatkan informasi secara garis besarnya Anda bisa menentukan apakah pekerjaan tersebut cocok atau tidak untuk Anda.

Selain itu, pada saat interview kerja disinilah moment yang tepat untuk Anda mengetahui bagaimana cara kerja Anda nanti. Anda perlu memastikan apakah pekerjaan tersebut dapat menghambat hubungan Anda dengan orang yang Anda sayangi seperti keluarga atau tidak, transportasi apa yang Anda gunakan, bahkan berapa besar gajinya apakah sesuai dengan kemampuan Anda atau tidak. Dengan mengetahuinya Anda bisa menghindari hal –hal yang membuat Anda merasa salah memilih pekerjaan dan bahkan harus berhenti.

5. Memahami setiap aturan kerja yang berlaku

Selain mengenali lingkungan pekerjaan yang mencangkup reputasi, rekan sekerja, cara kerja, gaji, tunjangan dan lain sebagainya. Yang tak kalah penting yang lainnya adalah memahami setiap aturan kerja yang diberlakukan. Setiap perusahaan atau instansi memiliki aturan yang berbeda –beda sesuai dengan kebijakan yang telah dibuat. Mungkin beberapa diantaranya tidak sesuai dengan keinginan Anda. Walaupun begitu apakah peraturan tersebut bisa menghambat Anda atau tidak, Anda perlu menilainya dalam berbagai sudut pandang yang positif. Silahkan Anda sesuaikan mulai dari jadwal kerja, ketersediaan cuti, perhitungan sakit, izin dan lain sebagainya.

Uraian diatas merupakan ulasan singkat mengenai cara memilih pekerjaan yang tepat sesuai dengan potensi diri yang dimiliki. Dengan begitu diharapkan Anda mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dan tidak mengalami perasaan tidak cocok saat setelah menjalaninya. Demikian semoga uraian ini bermanfaat bagi Anda semua.

Post a Comment

0 Comments