Cara Membuat Kop Surat Resmi Amplop di Microsoft Word, Ikuti Yuk!

Kalian tahu apa itu kop surat? Kop surat adalah identitas suatu perusahaan/instansi agar penerima surat mengetahui asal surat tersebut serta perusahaan atau lembaga apa yang mengirim surat kepada mereka. Kop surat biasanya terletak di bagian paling atas dalam surat atau istilah umumnya yaitu kepala surat.

Cara Membuat Kop Surat Resmi Amplop di Microsoft Word, Ikuti Yuk!

Nah untuk membuat kop surat ini pun cukup mudah. Kalian dapat memanfaatkan software microsoft word untuk membuatnya dengan mudah. Perlu kalian ketahui bahwa di dalam microsoft word ini sebenarnya sudah terdapat fitur yang mendukung pembuatan kop surat tersebut. Jadi dengan begitu membuatnya tidaklah terlalu sulit untuk di buat.

Kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membuat kop surat resmi amplop dengan mudah. Pada cara kali ini saya akan menggunakan software microsoft word salah satu bagian dari Office. Untuk itu langsung saja simak pada ulasan di bawah ini.

Cara Membuat dan Print Kepala Surat Amplop

Saat kalian membuat kop surat merupakan hal yang terpenting dalam surat resmi. Karena di dalamnya mempunyai format dan aturan yang lebih ketat dari surat pada umumnya. Nah perlu kalian ketahui pembuatan kop surat resmi harus berhati- hati karena berbeda dengan surat biasa. Yuk ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, buka aplikasi microsoft word kalian masing-masing. Kemudian saat terbuka klik pada tab menu Mailings, lalu pilih opsi Envelopers.

Cara Membuat Kop Surat Resmi Amplop di Microsoft Word, Ikuti Yuk!

Kedua,  akan muncul windows baru, disana akan ada 2 buah form. Pertama diisikan alamat tujuan dari surat tersebut. Sedangkan form kedua adalah alamat dimana balasannya dikirimkan. Silahkan isi sesuai data yang dibutuhkan.

Ketiga, setelah di isi dengan benar, klik pada menu Option untuk melakukan pengaturan lainnya.

Cara Membuat Kop Surat Resmi Amplop di Microsoft Word, Ikuti Yuk!

Keempat, Pada bagian Envelope Size, pilih sesuai ukuran amplop yang kalian gunakan. Klik pada Custom Size jika memang ukurannya tidak tersedia. Untuk list ukuran umum amplop silahkan cek dibawah.

Kelima, Setelah itu tinggal klik Add to Document. Maka hasilnya akan langsung masuk ke dalam lembar kerja word kalian.

Cara Membuat Kop Surat Resmi Amplop di Microsoft Word, Ikuti Yuk!

Terakhir, cek apakah sudah sesuai dengan apa yang diinginkan, jika sudah tinggal mengeprintnya. Klik File kemudian pilih Print atau tekan CTRL + P.

Untuk membuat hasil print kop surat yang sesuai, maka kalian harus melakukan pengaturan terhadap ukuran amplop dengan benar. Berikut ini beberapa jenis dan ukuran amplop yang umum digunakan di Indonesia :
  • Ukuran C3 (324 x 458 mm)
  • Ukuran C4 (229 x 324 mm)
  • Ukuran B4 (250 x 353 mm)
  • Ukuran B6 (125 x 176 mm)
  • Ukuran C5 (162 x 229 mm)
  • Ukuran C5/C6 (114 x 229)
  • Ukuran C6 (114 x 162 mm)
  • Ukuran C6/C7 (81 x 162 mm)
  • Ukuran C7 (81 x 114 mm)

Akhir Kata

Demikian cara membuat kop surat resmi amplop di microsoft word dengan mudah. Ikuti langkah-langkah tersebut dengan mudah agar kalian memperoleh hasil yang maksimal pula. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments