8 Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu, Mudah Kok!

Kalian pasti tidak asing lagi dengan sebuah merek ponsel seri iPhone. Kini produknya banyak tersebar dan digunakan banyak orang di seluruh dunia. iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail. Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet, untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain.

8 Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu, Mudah Kok!

Sejak kemunculannya iPhone menjadi smartphone dengan spesifikasi high end, artinya produk ini paling banyak mendapatkan kesan mewah di mata masyarakat dan jika seseorang memiliki smartphone ini maka ia akan dianggap memiliki status sosial tinggi di masyarakat.

Sebab, iPhone memang dikenal memiliki harga yang mahal. Satu unit iPhone terbaru saja bisa di banderol dengan harga belasan juta. Oleh sebab itu, seseorang yang memiliki dan menggunakan iPhone sering dinilai berasal dari kalangan berada. Karena selain penampilannya yang cantik, pengguna iPhone juga mendapatkan gengsi yang berbeda dengan pengguna smartphone lainnya.

Melihat dari kemewahannya dan canggih teknologinya membuat salah satu pihak ketiga melakukan pemalsuan terhadap produk tersebut. Dengan begitu dari hasil pemalsuannya, ia menjual dengan harga yang lebih murah daripada harga asli ponsel itu sendiri. Di lihat sekilas antara produk palsu dengan yang asli terlihat mirip. Jadi, perlu ketelitian dan kesabaran dalam membeli ponsel ini agar tidak terkecoh oleh yang palsu.

Nah kali ini kita akan mengulas bagaimana cara membedakan antara iPhone asli dengan yang palsu? Sebenarnya caranya sangat mudah kok, namun harus membutuhkan ketelitian saat membeli. Untuk itu lihat pada ulasan di bawah ini.

Cara Membedakan iPhone Asli atau Palsu

Perlu kamu ketahui ada beberapa perbedaan yang mencolok dapat kamu perhatikan antara iPhone asli dengan yang palsu. Seperti material yang di buat, fitur yang terdapat di dalamnya dan banyak hal yang dapat kamu ketahui. Nah, bagaimana caranya ? langsung saja simak berikut ini.

1. Cek kesamaan antara IMEI pada sistem, fisik dan dus iPhone

Apa itu IMEI? merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity atau IMEI adalah nomor, biasanya unik, untuk mengidentifikasi ponsel 3GPP dan iDEN, serta beberapa telepon satelit. Nah biasanya operator seluler menggunakan IMEI ini untuk mengidentifikasi perangkat yang terdaftar di jaringan mereka. Dan setiap ponsel tentu memiliki IMEI yang berbeda – beda. Nah untuk mengecek keaslian iPhone, maka jangan lupa untuk cek kesamaan IMEI yang terdapat pada sistem, fisik, dan dus iPhone. Jika iPhone tersebut asli, tentu semua IMEI yang ada di sistem, fisik, dan dusnya sama.

2. iPhone asli terdapat AppStore

Kamu pasti tahu AppStore, merupakan platform distribusi aplikasi untuk iOS yang dikembangkan dan dikelola Apple Inc. Layanan ini memungkinkan pengguna menjelajah dan mengunduh aplikasi yang dikembangkan dengan Apple iOS SDK. Aplikasi dapat diunduh langsung ke sebuah perangkat iOS atau komputer pribadi melalui iTunes. Seperti halnya kalau di Android terdapat PlayStrore yang memiliki kesamaan untuk menjelajah dan mengunduh aplikasi untuk ponsel tersebut.

Nah untuk menguji keaslian iPhone, kamu bisa membuka App Store melalui iPhone tersebut. Jika kamu bisa menemukan dan membuka App Store, maka dapat dipastikan bahwa iPhone itu asli. Namun, jika di iPhone kamu tidak bisa mengakses nya, maka kamu harus curiga dengan keaslian nya. Lebih parah lagi jika di dalamnya kamu menemukan Google Play Store atau Windows Phone Store, saya pastikan bahwa iPhone itu palsu ya. Karena App Store hanya ada di iPhone, iPod atau iPad yang asli.

3. Material iPhone yang digunakan

Seperti yang kita tahu, bahwa iPhone dipasarkan untuk kalangan menengah ke atas, jadi dapat dipastikan jika iPhone menggunakan material premium yang tidak sama dengan smartphone lainnya. Nah, hampir semua perangkat iPhone mengusung material logam dan kaca berkualitas tinggi, dimana jenis material ini akan sangat terasa kuat dan kokoh dalam genggaman tangan kamu. Sedangkan pada iPhone palsu menggunakan material yang lebih ringkih. Dan jika diperhatikan lebih seksama, maka kamu bisa dengan mudah melihat perbedaan mencolok antara iPhone asli dan palsu tersebut.

4. Tidak ada Slot Memori Eksternal

Banyak produk dari iPhone menawarkan dengan penyimpanan memori internal yang besar. Dengan begitu pengguna bisa memungkinkan menggunakannya dengan puas. Baru – baru ini iPhone juga mengeluarkan varian memori internal 256GB, tentu kapasitas penyimpanan yang sangat besar bagi sebuah smartphone. Apple memang sengaja memberikan kapasitas memori internal yang besar karena iPhone tidak dibekali dengan slot memori eksternal. Sebab, Apple merasa bahwa memori internal yang diberikan sudah cukup untuk menyimpan berbagai data penggunanya.

Nah, berbeda dengan smartphone Android masa kini yang menyediakan slot memori eksternal sampai 64GB. Jadi, jika kamu menemukan iPhone yang mempunyai slot memori eksternal, itu artinya kamu harus waspada bahwa iPhone tersebut adalah palsu atau replika.

5. Cek dengan iTunes

Kamu tahu apa itu iTunes? iTunes adalah sebuah peranti lunak dari Apple Inc. yang bisa memutar, mengorganisasi dan membeli lagu. iTunes juga bisa digunakan untuk mengelola isi di iPod, iPhone, iPod Touch dan iPad. Para pengguna iOS menggunakan iTunes untuk mengunduh aplikasi dari App Store. Nag bagaimana cara menggunakan iTunes untuk mengecek iPhone asli atau palsu? yaitu dengan menghubungkan ponsel tersebut ke komputer yang sudah terpasang iTunes.

Nah, jika iTunes dapat mendeteksi ponsel yang kamu hubungkan, itu berarti ponsel tersebut adalah iPhone asli. Namun jika iTunes tidak bisa membaca iPhone yang kamu hubungkan dengan komputer, maka kamu perlu curiga bahwa itu iPhone replika atau palsu.

6. Mengecek fitur di dalamnya

Cara cek iPhone asli atau palsu selanjutnya yaitu dengan mengecek fitur yang ada di iPhone tersebut.  Misalnya, semua seri iPhone 5s ke atas sudah dibekali dengan fingerprint. Nah jika kamu membeli iPhone 7s tapi tidak ada fitur fingerprintnya, maka bisa jadi iPhone yang kamu beli itu palsu. Selain itu, iPhone juga merupakan ponsel single SIM alias ponsel yang hanya bisa menggunakan satu kartu SIM. Nah, jika kamu menemui iPhone dengan fitur dual SIM, maka bisa dipastikan jika iPhone itu palsu. Apalagi jika iPhone tersebut memiliki fitur aneh-aneh yang tidak dimiliki iPhone, seperti TV Analog, karena iPhone asli tidak mungkin disertai dengan fitur yang seperti itu. 

7. Cek garansi pada iPhone

Setiap membeli sebuah produk pasti ada garansi yang menyertainya. Sebenarnya apa itu garansi? Garansi atau lazim pula disebut warranty adalah surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen menjamin produk tersebut bebas dari kesalahan pekerja dan kegagalan bahan dalam jangka waktu tertentu. Jadi, jika kamu membeli iPhone di official store Apple atau distributor resmi Apple, maka dipastikan bahwa garansi iPhone kamu asli.

Dan kamu bisa mengecek keaslian garansi iPhone melalui situs resmi Apple atau dari informasi garansi yang tertera pada ponsel kamu. Namun, jika kamu membeli iPhone di tempat yang belum terjamin resmi, maka sebaiknya kamu tanyakan ke seller mengenai garansi ponsel tersebut, sebab selain garansi resmi ada juga iPhone yang dijual dengan garansi distributor dan garansi toko. Nah, jika si penjual tetap bersikukuh bahwa garansinya asli, maka kamu patut curiga, dan sebaiknya langsung cek garansinya melalui ponsel yang akan dibeli itu.

8. Harga iPhone palsu jauh lebih murah dari yang asli

Banyak orang tergiur akan barang yang di tawarkan lebih murah dari semestinya. Membuat mereka ingin secepatnya memilikinya. Akan tetapi tidak untuk produk smartphone, kalau kamu dapet iPhone dengan harga yang murah justru kamu patut curiga dengan penjual yang menawarkan iPhone tersebut. Karena bisa jadi, iPhone yang dijual itu adalah iPhone palsu.

Meskipun begitu, masih ada saja loh pedagang nakal saat ini yang menjual iPhone palsu dengan harga yang setara dengan iPhone asli. Kebangetan bukan? Nah, untuk hal yang seperti ini maka kamu perlu lebih berhati-hati dan waspada. Dan jangan lupa untuk cek iPhone asli atau palsu tersebut dengan cara yang saya rekomendasikan ini.

Uraian di atas merupakan ulasan singkat mengenai cara membedakan antara iPhone asli dengan yang palsu. Nah karena banyak produk yang beredar di pasaran, kamu perlu berhati-hati saat membeli sebuah produk baru. Apakah itu asli atau barang paslu, kenali dan perhatikan dengan baik produk tersebut agar kamu mendapatkan yang terbaik. Demikian, semoga tips ini bermanfaat bagi semua.

Post a Comment

0 Comments