7 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Laptop adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1–6 kg, tergantung pada ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut. Laptop menjadi salah satu barang elektronik yang memiliki harga yang relatif mahal. Hal tersebut membuat laptop menjadi hal yang harus di rawat selalu kinerjanya baik saat digunakan atau tidak. Pasalnya ketika laptop lama mengalami kerusakan sana-sini akan ada banyak dana yang harus kita keluarkan. Misalnya saja ketika baterai laptop mengalami bocor, atau keyboard yang sudah mulai tidak berfungsi dan yang paling parah adalah ketika layar laptop mati.

7 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Pada dasarnya perawatan yang kurang di perhatikan membuat laptop tersebut mengalami permasalahan. Salah satu permasalahan tersebut adalah baterai yang bocor. Terkadang banyak orang tidak menyadari akan hal ini, menggunakan laptop dengan seenaknya sendiri yang berakibat fatal pada laptop tersebut. Dengan begitu diharapkan pengguna dapat memperhatikan perawatan dan berhati-hati menggunakan laptop tersebut agar tetap berjalan dengan baik.

Baterai merupakan hal yang paling penting ada pada barang elektronik. Dengan adanya baterai ini memungkinkan benda tersebut dapat bekerja seperti yang di harapkan. Banyak jenis baterai yang ada di dunia ini. Salah satunya baterai yang digunakan pada laptop juga membutuhkan penggunaan yang sewajarnya agar tidak menyebabkan permasalahan. Dengan menggunakannya secara baik maka laptop tersebut dapat digunakan dalam kurun waktu yang lama. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk menservice atau membeli laptop baru.

Nah kali ini kita akan mengulas bagaimana cara merawat baterai laptop agar awet dan dapat bertahan lama. Gimana jika tiba-tiba laptopmu mati atau kehabisan baterai secara mendadak. Pasti hal tersebut akan mengganggu aktivitas kalian. Oleh karena itu, perlu memperhatikan kinera laptop tersebut terutama terhadap perlakuan penggunaan baterai dalam sehari-hari. Untuk itu langsung saja simak pada ulasan berikut ini.

7 Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

1. Hindari laptop kamu mati total saat digunakan

Hal ini biasa terjadi saat pengguna tidak sadar akan memakai laptop tersebut. Sehingga saat daya sudah makin menipis sampai mati secara tiba-tiba baru akan tersadar jika baterainya sudah habis. Contohnya bermain game dan menonton video dengan laptop memang sangat menyenangkan. Sehingga tak sedikit para pengguna laptop yang akhirnya lupa dan mengabaikan sisa baterai laptop yang sedang sipakai.

Padahal tanpa kamu sadari, ketika laptop dibiarkan mati total akan berakibat fatal pada baterai laptop. Ini dikarenakan laptop yang yang tiba-tiba mati ketika sedang digunakan akan mengakibatkan komponen baterai menjadi terganggu dan cepat rusak.  Jadi, supaya baterai bisa lebih awet dan tahan lama usahakan untuk selalu mengisi daya baterai ketika sudah di bawah 30%.

2. Gunakan charge yang orisinil

Selanjutnya perlu kamu perhatikan saat melakukan pengisian daya terhadap laptop, sebaiknya gunakan charge bawaan atau orisinil laptop itu sendiri. Dengan begitu memungkinkan laptop kamu tidak mengalami masalah dikemudian hari. Jangan pernah kamu coba-coba untuk menggunakan charger yang KW dan murahan, karena dapat mempengaruhi baterai laptop.

Ini karena jika kamu menggunakan baterai KW akan membuat aliran listrik yang masuk ke dalam baterai laptop menjadi tidak stabil yang akhirnya bisa membuat baterai menajdi lebih cepat rusak akibat lonjakan listrik yang berubah-ubah.

3. Perhatikan temperature pada laptop

Temperature atau suhu merupakan hal yang selalu harus diperhatikan bagi pengguna laptop. Mengapa? Dengan memperhatikan termperature pada laptop tersebut memungkinkan dapat bekerja dengan baik dan tidak akan mengalami masalah. Untuk itu, kamu harus selalu mengusahakan laptop tidak berada dalam lingkungan yang bersuhu ekstrem, baik itu terlalu panas atau pun terlalu dingin.

Karena kedua keadaan ektrem tersebut akan membuat laptop bekerja lebih keras, yang akhirnya akan lebih menguras daya baterai dan membuat baterai kehilangan kemampuan menyimpan daya dan terjadilah baterai bocor.

4. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Tidak hanya hardware, baterai dapat menajdi lebih awet dan tahan lama jika kamu menutup berbagai aplikasi yang tidak diperlukan karena sudah membuka banyak aplikasi sekaligus yang jika tidak maka akan lebih menguras daya baterai. Jadi, ketika kamu menggunakan laptop sebaiknya gunakan dengan cara yang pintar. Tutup berbagai aplikasi yang tidak digunakan atau hanya membuang-buang isi baterai. Sehingga baterai laptopmu bisa lebih tahan lama. Selain itu aplikasi yang banyak digunakan sekaligus dapat menyebabkan laptop tersebut melakukan kinerja lebih keras. Sehingga laptop biasanya akan mengalami gangguan, seperti lag, kinerja melambat dan berimbas terhadap pemakaian baterai yang lebih banyak.

5. Aktifkan mode power saver

Cara merawat baterai laptop supaya lebih awet dan tahan lama berikutnya adalah dengan mengaktifkan mode power saver. Secara default, sebenarnya kebanyakan laptop windows diatur dengan menggunakan mode balance.

Untuk itu, kamu perlu mengubah pengaturan daya laptopmu melalui panel control atau klik icon baterai yang ada pada taskbar di sisi kanan bawah layar. Kemudian langsung pilih mode power saver. Fitur yang satu ini sudah tersedia pada berbagai jeni aptop. Dengan ini kamu bisa menyelamatkan masa pakai baterai laptopmu.

6. Cabut charge ketiga sudah penuh 100%

Terkadang banyak pemilik laptop yang lupa saat melakukan pengisian daya sehingga saat baterai pebuh tidak diketahui. Hal ini biasa terjadi karena kurang memperhatikan akan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi baterai sampai penuh. Contoh sikap ini seperti mengisi daya laptop asal colokan ke listrik lalu di tinggal pergi dan baru di cabut saat ia kembali.

Padahal membiarkan arus listrik mengaliri baterai dapat merusak komponen-komponen yang ada di dalam bateri. Untuk itu, supaya baterai tetap awet dan bisa tahan lama, hindari pengisisan daya ketika kamu sedang tidur atau bepergian jarak jauh dengan waktu yang lama.

7. Khusus pengisian laptop baru

Untuk kamu yang baru membeli laptop, biasanya laptop baru memiliki batera yang masih kosong. Untuk itu, sebelum menggunakannya langkah pertama yang perlu anda lakukan yakni dengan mencharge laptop dengan waktu kira-kira 4 hingga 8 jam, atau hingga indikator lampu baterai menandakan baterai telah penuh, biasanya berwarna hijau (tergantung versi laptop yang digunakan).

Uraian di atas merupakan ulasan singkat mengenai cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama. Dengan kamu menjaga sebaik-baiknya laptop yang dimiliki, memungkinkan jangka waktu pemakaian laptop tersebut akan semakin lama. Selain itu juga dapat menghemat akan pengeluaran untuk perawatan yang mahal. Oleh karena itu rawatlah laptopmu dengan baik. Demikian semoga tips ini bermanfaat bagi kamu semua.

Post a Comment

0 Comments