5 Cara Mengatasi Sitemap Error di Webmaster Tools

Saat kalian membuat sebuah website pastinya perlu akan banyak yang harus diperhatikan. Diantara hal yang harus diperhatikan saat membuat sebuah website yakni SEO. Apa kalian sudah tahu apa itu SEO ? Optimisasi mesin pencari atau Search Engine Optimization, biasa disingkat "SEO" adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

5 Cara Mengatasi Sitemap Error di Webmaster Tools

Selain itu website juga memerlukan tingkat responsive yang baik, dengan begitu memungkinkan pengunjung lebih mudah mengakses dengan leluasa di web tersebut. Tapi tidak sekedar melakukan optimasi SEO dan tingkat responsive web yang baik saja yang di perlu diperhatikan ? Kalian juga perlu mendaftarkan website tersebut ke Webmaster Tools. Yang terpenting adalah sitemap.

Apa itu Sitemap ? Sitemap ini lebih dikenal dalam bahasa Indonesia adalah peta situs. Dengan adanya peta situs menjadikan pengunjung dapat melihat seputar area konten yang disinggahi. Dalam sebuah website ini peta situs sangat penting karena digunakan saat pengindekan di mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan lainnya.

Biasanya saat kalian melakukan submit sebuah alamat sebuah artikel bisa jadi mengalami beberapa kendala. Sehingga artikel yang telah jadi sebelumnya tidak bisa terindeks mesin pencari. Nah kali ini saya akan membagikan bagaimana cara mengatasi sitemap eror di webmaster tools.

Cara mengatasi Sitemap Error di Webmaster Tools

1. Struktur Template kurang Rapi dan SEO

Beberapa template gratisan yang sudah beredar dalam dunia internet biasanya sudah memiliki struktur yangdiubah sehingga dampaknya mengurangi kulitas SEO pada situs yang memakainya. Sebuah template blog yang pada dasarnya bersifat premium biasanya harus dibeli terlebih dahulu agar dapat memanfaatkan semua fiturnya namun si pembuat juga telah menyediakan versi gratisnya. Nah, disini umumnya sang pembuat atau Author/Creator membatasi fitur dari template versi gratis yang mereka bagikan tersebut. Jadi alangkah lebih baik anda menerapkan Schema Markup atau bisa menggunakan template premium yang sudah terbukti SEO Friendly serta mendukung fitur Skema Data yang Terstruktur.

2. Struktur Blog yang belum Rapi

Saat kita baru memulai aktivitas blogging, biasanya kita belum sempat untuk mengatur struktur yang ada di blog kita, seperti halnya mengedit menu dan sub-menu yang berada di navigasi header atau bagian tertentu lainnya. Akibatnya apabila masih memiliki struktur tema yang berantakan akan membuat peta situs sulit untuk di akses. Alangkah lebih baik adalah anda meluangkan waktu beberapa waktu saja khusus untuk merapikan struktur pada blog anda tersebut. Sehingga hal ini memungkinkan tampilan akan terlihat teratur dan enak untuk dipandang ketika anda menjelajahi web anda itu.

3. Bot-Crawl belum selesai melakukan perayapan pada web

Untuk permasalahan selanjutnya ini bisa dibilang adalah persoalan dasar. Apa penyebab Bot-crawl belum selesai melakukan proses perayapan?  setidaknya ada 2 penyebab yakniskala Internal dan Eksternal.Untuk penyebab Internal kita bisa perhatikan pada Struktur Template yang sudah kita bahas. Sedangkan untuk penyebab Eksternal,Seperti yang kita ketahui  bahwa di Internet ada ribuan bahkan jutaan situs  yang tentunya membuat bot-crawl cukup sibuk sehingga kemungkinan terlewat unntuk melakukan perayapan di blog kita ini. Solusinya anda cukup melakukan submit ulang pada sitemap dan Featch As Google atau Inspect URL . Kemudian tunggu minimal selama 1x24 jam atau maksimal selama kurun waktu 7 Hari.

4. Usia Blog yang masih Prematur/baru di buat

Patut untuk diperhatikan, umur pada blog yang kita miliki tersebut. Apakah masih tergolong baru atau prematur?Usia blog yang baru seumur jagung belum bisa dianggap berhasil dalam melakukan sudmit sitemap. Untuk solusi permasalahan yang satu ini anda cukup melakukan submit ulang saja. Namun,Ingatlah pemberlakuan setelah beberapa hari dari masa pembuatan blog, sebagai contoh anda membuat blog pada hari sabtu maka lebih baik anda tunggu hingga hari senin atau minggu untuk melakukan proses submit ulang.

5. Kesalahan pada Robots.txt

Apa yang dimaksud dengan robots.txt? Mungkin akan terlihat asing di telinga anda. Nah, Robots.txt ini adalah file pada sebuah situs yang memperlihatkan bagian mana yang mengizinkan dan tidak mengizinkan mesin pencari untuk mulai mengakses situs tersebut. Robots.txt ini mempunyai Script yang sangat sensitif, Apabila salah sedikit maka akan berdampak suatu hal yang buruk. Misalnya blog menjadi sulit terindeks oleh mesin pencari. Bagaimana cara menanganinya? Cukup sederhana anda hanya perlu mengembalikan robots.txt ke setelan awal saja.

Akhir Kata

Demikan 5 cara mengatasi sitemap eror di webmaster tools. Ikuti cara tersebut dengan baik agar kalian memperoleh hasil yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments