Cara Memperbaiki Kamera Hp Buram dengan Mudah

Kamera hp jika tidak dirawat dengan baik biasanya akan mengalami beberapa masalah. Salah satunya kamera hp yang buram. Hal tersebut biasanya terjadi karena beberapa sebab mulai dari yang ringan sampai berat. Seperti halnya saat hp kalian terkena embun maka kameranya pun juga akan menjadi buram. Sehingga saat ingin berfoto menjadi kurang maksimal hasilnya


Tentu menyebalkan sekali bukan jika foto yang diambil jadi kurang bagus hasilnya. Nah kalian harus mengecek terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Bisa saja kalian meletakkannya dengan ceroboh membuat kamera tersebut menjadi buram dan hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kalian. Untuk itu kali ini saya akan membahas mengenai penyebab dan cara memperbaiki kamera hp yang buram. Langsung saja lihat pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Kamera Hp Buram

Biasanya penggunaan hp yang sembarangan akan membuat kemera menjadi buram. Hal tersebut bisa saja karena beberapa sebab yang kalian kurang ketahui. Maka dari itu apa saja penyebab kamera hp menjadi buram.

Tutup lensa yang tergores

Tergores merupakan hal yang paling sering terjadi pada kamera hp saat digunakan. Bisa saja disebabkan karena salah meletakkannya atau lainnya. Hal tersebut tidak terlepas dari kurang berhati-hatinya pengguna saat menggunakannya, sehingga hal tersebut bisa terjadi. Kamera hp buram disebabkan saat diletakkan pada permukaan yang kasar sehingga membuat kamera tersebut tergores.

Debu yang menempel di lensa

Selanjutnya penyebab kamera hp menjadi buram adalah debu dan kotoran yang menempel pada bagian luar lensa tersebut. Bisa saja debu yang menempel disebabkan karena digunakan saat beraktivitas di luar ruangan seperti olahraga atau lainnya.

Lensa yang berembun

Kamera yang berembun biasanya terjadi saat kondisi ruangan yang terlalu lembap, sehingga dapat membuat kamera hp terselimuti embun. Saat kondisi tersebut bisa saja juga mengakibatkan kamera ditumbuhi jamur yang menempel pada lensa. Karena saat kondisi lembab jamur sangat mudah mengalami perkembangbiakan yang cepat. Jika sudah begitu maka kamera menjadi buram dan hasil foto menjadi jelek.

Nah dari beberapa penyebab di atas, kini kalian tahu apa yang menyebabkan kamera hp yang biasa digunakan menjadi buram. Setelah itu kalian harus tahu juga cara memperbaikinya agar kamera hp menjadi normal kembali.

Cara Memperbaiki Kamera Hp Buram

Ada beberapa cara yang bisa kalian terapkan untuk memperbaiki kamera hp yang buram. Dengan kalian bisa mengikuti langkah di bawah ini untuk memperbaikinya.

1. Perbaiki tutup lensa yang tergores

Cara memperbaiki tutup lensa kamera yang tergores adalah dengan memberikan silicon atau pelindung hp motomo. Selain itu, ada cara lain yang bisa kalian terapkan untuk memperbaiki tutup lensa yang tergores. Kalian bisa memanfaatkan bahan disekitar seperti pasta gigi. Caranya pun cukup mudah dengan hanya mengoleskan pasta gigi di depan lensa, kemudian gosok dengan perlahan. Cara ini akan menghilangkan goresan yang halus pada permukaan lensa tersebut.

Kalian perlu menggunakan pasta gigi putih, bukan pasta gigi jenis gel untuk mendapatkan hasilnya. Apabila masih buram setelah digosok menggunakan pasta gigi, kalian perlu mengganti penutup kamera. Kalian dapat meminta pihak penyedia untuk membantu memasangkan. Jika kalian akan memasang sendiri, kalian harus mencongkel tutup lensa kamera menggunakan silet dengan hati-hati. Setelah lensa kamera terlepas, kalian dapat menggantinya dengan tutup yang baru.

2. Atasi debu yang menempel pada lensa

Debu yang menempel bisa kalian atasi dengan mudah dengan membuka casing luar sehingga terlihat lensa dalam. Kemudian kalian dapat menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkannya dari debu atau kotoran yang menempel. Pertama tuang minyak kayu putih pada tisu, kemudian gosokan ke lensa tersebut dengan perlahan. Dengan begitu debu atau kotoran yang menempel akan hilang dengan sendirinya.

3. Atasi kamera yang berembun

Cara untuk mengatasi kamera yang berembun sangatlah mudah. Pertama kalian matikan hp masing-masing dan lepas baterainya terlebih dahulu. Kemudian kalian dapat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan hp kalian. Dengan begitu suhu ponsel kalian akan menjadi stabil dan tidak berembun lagi. Jika kamera kalian sudah ditumbuhi jamur maka kalian bisa gunakan minyak kayu putih untuk membersihkannya.

Nah dari permasalahan kamera yang buram ini kalian perlu merawatnya dengan baik. Kalian bisa memberikan pelindung ponsel yang aman dan dapat menutupi hp tersebut dengan baik.

Akhir Kata

Demikian cara memperbaiki kamera hp yang buram dengan mudah. Untuk itu ikuti langkah tersebut dengan baik agar kalian mendapatkan hasil yang maksimal pula. Terima kasih, semoga tips ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments