Panduan Lengkap Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Sering Mati

Bisa Oi - Laptop merupakan alat elektronik yang memiliki kegunaan mirip dengan komputer (PC). Salah satu masalah terbesar saat menggunakan laptop adalah suhu laptop yang melebihi batas normal atau yang lebih di kenal dengan overheat. Biasanya laptop yang mengalami hal ini memiliki rata-rata usia yang sudah tua dan kurang terawat. Namun, hal tersebut juga bisa menimpa laptop yang masih baru.

Panduan Lengkap Mengatasi Laptop Cepat Panas dan Sering Mati

Salah satu tanda bila laptop mengalami overheat adalah terasa panas pada keyboard atau bagian bawah laptop saat digunakan. Saat kalian mengalami hal ini, jangan anggap remeh. Ketika suhu laptop melebihi batas normal, bisa mengakibatkan beberapa kerusakan permanen pada komponen hardware di dalamnya jika di biarkan secara terus menerus.

Selain itu, kalian juga pasti sangat terganggu karena kinerja laptop menurun dan tidak maksimal. Contohnya laptop sangat lemot dan mengalami lag. Laptop yang kepanasan juga biasanya akan sering mati. Tetapi jangan khawatir jika laptop sering mati, karena dalam pengaturannya sudah di lengkapi sebuah sistem mematikan laptop secara otomatis saat suhu melebihi batas normal.

Di sebuah perangkat laptop terdiri atas beberapa komponen yang luas dan sempit. Oleh karena itu, jangan sampai sirkulasi udara laptop kalian terganggu dengan beberapa benda. Kalau terhalang maka sirkulasi udara keluar masuknya terganggi dan akan mengendap mengakibatkan laptop cepat panas.

Nah kali ini saya akan mengulas tentang laptop cepat panas dan mati secara tiba-tiba. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan laptop cepat panas. Kalian dapat mengetahui pada ulasan berikut ini.

Penyebab Laptop Menjadi Cepat Panas


Terkait hal ini ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop kalian cepat panas, diantaranya :

Laptop sudah berumur

Jika kalian memiliki laptop yang sudah berusia tua biasanya banyak mengalami gangguan. Laptop tua banyak kelemahannya salah satunya belum ada sistem yang mendukung dalam menjaga kinerja laptop sendiri. Selain itu, laptop yang sudah tua tidak mendukung penyimpanan akan pemasangan aplikasi terbaru. Hal ini membuat kinerja laptop akan bertambah dua kali lipat sehingga laptop cepat panas.

Ventilasi tersumbat

Setiap laptop pastinya memiliki ventilasi yang berfungsi untuk proses sirkulasi udara dari dalam dan luar laptop. Ventilasi ini juga digunakan untuk membuang udara panas yang disalurkan oleh kipas atau fan di dalam laptop.

Nah, jika tidak rutin dibersihkan, ventilasi ini biasanya menjadi tempat favorit bagi debu dan kotoran untuk bersarang. Hasilnya, kotoran tersebut akan menutupi ventilasi sehingga sirkulasi udara menjadi tidak sempurna. Jika sudah begitu, maka laptop akan menjadi cepat panas karena udara panasnya tidak bisa dibuang ke luar.

Kipas tidak berfungsi 

Coba dekatkan kuping kalian ke laptop, apakah terdengar suara deru kipas ? Atau coba letakkan tangan kalian di depan ventilasi, apakah ada udara panas yang keluar darinya ? Jika tidak ada, maka bisa jadi kipas laptop kalian sudah tidak berfungsi lagi. Kipas yang tidak berfungsi jelas menjadi masalah besar karena suhu panas di dalam laptop tidak bisa dikeluarkan.

Banyak kotoran di kipas 

Jika kipas laptop kalian ternyata masih berfungsi namun hanya sedikit udara panas yang dikeluarkan, maka kemungkinan besar kipas atau heatsink tersebut sudah kotor. Kipas yang kotor dan dipenuhi oleh debu biasanya putarannya akan melambat sehingga tidak akan bisa mengeluarkan udara panas secara maksimal.

Penempatan laptop yang salah 

Apakah kalian sering menggunakan laptop di atas kasur, bantal, atau permukaan yang tidak rata lainnya ? Jika benar, maka bisa jadi hal tersebut adalah penyebabnya. Menggunakan laptop di atas kasur dapat membuatnya cepat panas karena kasur tidak dapat menyerap panas.

Selain itu permukaan yang tidak rata juga dapat menyumbat ventilasi laptop yang biasanya terletak di samping atau di bawah. Kasur juga memiliki banyak partikel-partikel kecil sehingga dapat masuk dan mengotori kipas di dalam laptop.

Membuka banyak software bersamaan

Pada saat kalian menggunakan laptop dengan membuka beberapa software atau aplikasi bersamaan, maka hal ini dapat juga menyebabkan laptop kalian akan cepat panas. Jika kalian di hadapkan dalam suatu masalah secara bersamaan pasti kalian akan membutuhkan usaha yang lebih untuk menyelesaikannya.

Sama halnya juga laptop juga membutuhkan kinerja dua kali lipat bahkan lebih untuk memenuhinya. Jika hal tersebut di biarkan secara terus-menerus maka akan menyebabkan laptop cepat panas.

Dari beberapa penyebab di atas kalian mengambil sebuah solusi untuk hal yang perlu di hindari supaya mendapatkan performa yang lebih baik lagi dan laptop akan menjadi lebih awet.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas


1. Membersihkan file sampah

Menumpuknya file sampah menjadi salah satu penyebab masalah pada laptop. Jika laptop kalian akan penuh file sampah membuat penyimpanan menjadi penuh. Selain itu, membuat kinerja laptop akan semakin menurun karena tidak ada ruang kosong sebagai cadangan peyimpanan saat laptop digunakan.

Oleh karena itu buruan bersihkan laptop kalian dari file sampah. Kalian bisa menggunakan beberapa aplikasi pembersih seperti CCleaner, Baidu PC Faster dan aplikasi apapun yang kalian rasa bisa membersikan file sampah sampai akarnya.

2. Bersihkan ventilasi

Saat ventilasi laptop kalian kotor, maka sirkulasi udara akan tersumbat. Lakukan pembersihan ventilasi secara rutin agar tidak ada kotoran atau debu yang menghalangi udara yang keluar.

3. Membersihkan kipas

jika kipas laptop Anda sudah kotor, maka tentu saja Anda harus membersihkannya. Namun untuk membersihkannya Anda harus membongkar laptop terlebih dahulu. Mintalah bimbingan dari orang yang sudah mahir dalam membongkar laptop agar tidak terjadi masalah ketika membukanya. Selain itu Anda juga dapat membawanya langsung ke tempat reparasi laptop.

4. Selalu letakkan laptop di permukaan yang datar

Selalu gunakan laptop di permukaan yang datar agar sirkulasi udaranya tidak terhambat. Bersihkan juga area sekitar laptop agar tidak ada debu yang terserap masuk. Jika terpaksa menggunakan laptop di atas kasur, maka gunakanlah alas yang tebal dan besar di bawahnya seperti papan, dus, buku, dan lainnya.

5. Update windows ke versi terbaru

Jika laptop kalian cepat panas, mungkin saja windows kalian sudah tertinggal alias kurang update. Hal tersebut bisa saja terjadi karena setiap melakukan update dapat memperbaiki bug setiap melakukan update.

Demikian panduan mengatasi laptop cepat panas dan sering mati. Dari beberapa pilihan di atas, manakah menurut kalian yang terbaik ? maka lakukanlah. Dengan merawat serta menjaga kebersihan laptop secara rutin, maka laptop Anda akan selalu berfungsi dengan baik dan tidak mudah rusak.

Post a Comment

0 Comments