Panduan Lengkap Memperbaiki AC Rusak Secara Mandiri

Bisa Oi - Air Conditioner (AC) merupakan sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area. Kalian pasti sering menjumpai AC ini di tempat seperti kantor, perusahaan, minimarket dan lainnya. Terkadang di rumah kalian pun ada. Dengan adanya AC ini suhu di ruangan akan stabil.

Panduan Lengkap Memperbaiki AC Rusak Secara Mandiri

Di Indonesia penggunaan AC terbilang cukup banyak, mengingat negara ini merupakan negara tropis yang tidak menentu akan suhu udara yang terjadi setip harinya. Penggunaan AC di sebabkan suhu di ruangan panas sehingga membuat orang terasa terganggu terutama yang sedang bekerja. Oleh karena itu, banyak orang berbondong-bondong memasang AC baik itu di rumah atau lainnya.

Kalian tahu bahwa barang yang tergolong kategori elektronik pastinya membutuhkan perawatan yang baik. Namun, jika tidak di lakukan perawatan yang baik pasti akan menyebabkan barang elektronik tersebut mengalami rusak. Sama halnya dengan AC juga bisa rusak jika tidak di rawat dengan baik.

Apa yang menyebabkan AC rusak ? Ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan AC mengalami kerusakan seperti pada contoh berikut ini.

Penyebab AC Menjadi Rusak


Kebocoran Pada Freon

Biasanya freon bocor akibat pipa saluran yang mengalirkan udara dingin keluar tersumbat debu, atau kendurnya sambungan instalasi pipa. Penyebab lainnya adalah kapasitor atau kondensator yang bermasalah. Kondensator berfungsi menyimpan energi dan menjadi tempat pelepasan panas pada sistem AC. Jika kondensator rusak, maka AC tidak bisa mengeluarkan udara dingin.

Kompresor Aus atau Berkarat

Kompresor yang aus dan berkarat juga merupakan penyebab umum kerusakan AC. Biasanya terjadi pada AC yang sudah lama dipakai, sekitar 5-1- tahun. Jika sudah terjadi karat pada kompresor maka bisa berimbas pada sistem lainnya dalam AC.

Kotor Sudah Tidak Lama di Service

Jika kalian memliki AC pastikan membersihkannya secara rutin. Namun jika kalian jarang membersihkan ataupun tidak pernah sama sekali maka AC kalian kemungkinan akan cepat rusak. Saat AC kotor mengakibatkan penyumbatan terhadap evaporator indoor atau kondensor autdoor, sehingga hawa dingin tidak bisa menyebar keseluruan ruangan.

Nah dari beberapa penyebab AC rusak sebelumnya, kalian kini bisa memperbaikinya dengan mandiri. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memperbaiki AC yang rusak berikut ini.

Cara Perbaiki Air Conditioner (AC) Rusak


Secara harfiah jika kalian memiliki keingintahuan akan sebuah hal, maka cari tahu dengan kesungguhan. Nah di bawah ini merupakan langkah untuk memperbaiki AC secara umum. Langsung saja ikuti langkah berikut ini.

1. Memeriksa Kebersihan AC

Hal yang kalian tahu pertama kali saat AC mengalami gangguan atau rusak ialah mengecek kebersihan AC dari segala kotoran baik itu debu atau yang lain. Debu yang menumpuk biasanya membuat freon tersumbat dan bocor, atau kipas tidak berputar dengan sempurna. Namun apabila AC masih juga rusak, sebaiknya sewa jasa teknisi karena kemungkinan masalahnya lebih serius yang berkaitan dengan sistem AC.

2. Memerikasa kondisi kipas

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa setiap AC selalu dilengkapi dengan kipas outdoor. Langkahnya mudah saja, tinggal nyalakan AC, lalu cek apakah kipas berputar dengan baik atau tidak. Jika tidak, matikan AC lalu bongkar kipas, biasanya ada sambungan kabel yang putus ataupun masalah pada komponen yang ada di dalamnya seperti motor terbakar, dll.

3. Memeriksa Spark GAP

Mungkin sebagian besar dari anda masih asing dengan komponen AC yang bernama Spark GAP. Komponen yang satu ini berada di dalam AC dan memiliki bentuk seperti uang logam. Cek kondisi komponen tersebut apakah sudah hangus ataupun terbelah. Jika memang ia, berarti anda harus menggantinya dengan yang baru.

4. Memeriksa Secara Keseluruhan

Jika kipas angin menyala namun kompresor tidak bekerja, cobalah memeriksa kabel dan soket listrik pada bagian luar AC. Cek apakah ada bagian kabel atau soket yang rusak. Cek juga remote control untuk memastikan mode yang dipilih sudah tepat. Kipas dan kompresor akan berfungsi apabila remote control diatur dalam mode 'Cool' atau 'Auto'.

Cara terakhir ini cukup simpel dan mungkin terkesan sepele, tapi perlu juga diperhatikan. Periksalah sambungan kabel listrik antara bagian dalam dan luar AC. Tak menyalanya AC bisa jadi karena ada sambungan yang lepas atau kendur.

Nah jika cara di atas belum bisa mengatasi AC rusak kalian, maka kalian perlu membutuhkan seorang teknisi untuk memperbaikinya. Demikian panduan memperbaiki AC rusak secara mandiri. Semoga tutorial ini dapat membantu kalian dan semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments