Panduan Lengkap Membuat Skripsi 100% Baik dan Benar

Panduan Lengkap Membuat Skripsi 100% Baik dan Benar

Bisa Oi - Bagi mahasiswa semester akhir merupakan waktu dimana saat dihadapkan dalam penyelesaian beberapa tugas akhir. Dari beberapa tugas yang paling penting dan berkesan serta menjadi bobot akan kelulusan seorang mahasiswa yakni Skripsi. Tetapi sebelumnya kalian tahu apa sih skripsi itu ?

Pengertian Skripsi


Skripsi adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian mahasiswa sarjana S1 (strata satu) yang membahas sebuah fenomena tertentu sesuai kaidah atau aturan yang berlaku. Istilah skripsi hanya digunakan di Indonesia, sedangkan di luar negeri, skripsi disebut dengan istilah undergraduate thesis.

Selain itu, ada pengertian lain tentang skripsi dari beberapa sumber :

  1. Skripsi adalah laporan tertulis hasil penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa dengan bimbingan Dosen Pembimbing Skripsi untuk dipertahankan dihadapan Penguji Skripsi sebagai syarat untuk memperoleh derajat Sarjana. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian yangdilakukan oleh seorang mahasiswa sebagai tugas akhir untuk memperoleh gelar sarjana. Berdasarkan definisi awam yang dirumuskan skripsi mengandung komponen pengertian berikut : karya tulis, ilmiah, hasil penelitian, dilakukan oleh mahasiswa, berkualifikasi sarjana (Rahyono Fx, 2010:23).
  2. Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan / fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku. Skripsi merupakan karya tulis ilmiah berdasarkan hasil penelitian lapangan dan atau studi kepustakaan yang disusun mahasiswa sesuai dengan bidang studinya sebagai tugas akhir dalam studi formalnya di Perguruan Tinggi. Skripsi adalah karya ilmiah yang ditulis mahasiswa program S-1 yang membahas topik atau bidang tertentu berdasarkan hasil kajian pustaka yang diteliti oleh para ahli, hasil penelitian lapangan atau hasil pengembangan atau eksperimen (Munslich Mansnur, 2009: 4)

Tujuan Skripsi


Skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan yang diambilnya.

Jenis Metode Penelitian pada Skripsi


Ada dua metode penelitian dalam penulisan skripsi, yakni kualitatif dan kuantitatif. Perbedaan skripsi kualitatif dan kuantitatif terdapat pada data yang digunakan dan cara menganalisanya. Keduanya bisa digunakan untuk skripsi jurusan apapun.

1. Skripsi kualitatif

Skripsi kualitatif menggunakan metode wawancara atau observasi secara mendalam ke subjek penelitiannya. Karena penelitian skripsi kualitatif tidak menggunakan perhitungan matematika, biasanya, proses pengumpulan datanya memerlukan waktu lama demi hasil analisa yang akurat.

2. Skripsi kuantitatif

Skripsi kuantitatif menggunakan survei atau kuesioner yang disebar ke subjek penelitian sebagai metode penelitiannya. Setelah data selesai dikumpulkan, perhitungan matematika dilakukan untuk mendapatkan kesimpulan. Umumnya, skripsi kuantitatif juga menggunakan software dalam mengolah data, contohnya SPSS.

Format Penulisan Halaman Skripsi


Format penulisan merupakan hal yang wajib diperhatikan sebelum penulisan dilakukan. Dengan adanya format ini memungkinkan skripsi yang dikerjakan akan terlihat rapi. Biasanya format penulisan skripsi disetiap universitas berbeda-beda, namun pada umumnya menggunakan aturan format penulisan seperti dibawah ini.

  1. Jenis kertas yang digunakan biasanya menggunakan ukuran kertas A4 atau ukuran Letter. Ukuran tersebut disesuaikan dengan kebijakan universitas masing-masing.
  2. Untuk ukuran batas tepi (Margin) adalaha sebagai berikut. Tepi atas (margin top) : 4 cm, tepi bawah (margin bottom) : 3 cm, tepi kiri (margin left) : 4 cm dan untuk tepi kanan (margin right) : 3 cm.
  3. Pada penulisan skripsi menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran sebagai berikut. Ukuran huruf paragraf : 12 px, ukuran huruf judul bab : 14 px (bold dan kapital) dan ukuran huruf sub-judul : 12 px (bold).
  4. Biasanya untuk penulisa kata asing menggunakan format mirig (italic).
  5. Ukuran spasi paragraf yaitu 1,5.
  6. Khusus ukuran spasi paragraf untuk abstraksi yaitu 1.

Dengan menerapakan format penulisan yang baik seperti diatas, maka skripsi kalian akan terlihat rapi dan tidak berantakan antara satu dengan yang lainnya.

Struktur Penulisan Skripsi


Dibawah ini merupakan srtuktur penulisan sebuah skripsi berdasarkan metode kualitatif dan kuantitatif.

Panduan Skripsi Kualitatif


Bagian Pertama : Berisikan halaman pelengkap sebuah skripsi seperti halaman sampul (cover), halaman judul, surat pernyataan keaslian penelitian dan lainnya. Masih banyak lagi bagian pertama ini seperti pada ulasan berikut ini.
  • Halaman sampul luar (cover)

    Memuat judul skripsi, logo universitas, nama lengkap dan nomor induk mahasiswa, serta identitas institusi secara berurutan. Identitas institusi berisi nama program studi, fakultas, nama universitas, nama kota, dan yang terakhir adalah tahun diselesaikannya skripsi.
  • Halaman judul

    Halaman judul kurang lebih sama dengan sampul luar, hanya saja halaman judul dicetak dalam kertas putih biasa, bukan hardcover seperti halaman sampul luar.
  • Surat pernyataan keaslian penelitian

    Berisi pernyataan bahwa peneliti yang bersangkutan benar-benar melakukan penelitiannya sendiri tanpa adanya upaya penjiplakan atau pemalsuan dan manipulasi data. Jika terbukti melakukan upaya-upaya tersebut, peneliti harus menerima risiko yaitu dicabutnya gelar kesarjanaan. Pernyataan ini juga dilengkapi dengan materai Rp6.000 dan tanda tangan peneliti di atas materai.
  • Halaman persetujuan

    Disebut juga sebagai surat pengantar dari dosen pembimbing kepada dekan yang menyatakan bahwa skripsi tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk diuji dalam sidang nantinya.
  • Halaman pengesahan

    Berisi tanggal pelaksanaan ujian, nama peneliti, juga tanda tangan ketua program studi dan dewan penguji.
  • Kata pengantar

    Halaman ini memuat ucapan terima kasih pada pihak yang dirasa membantu terselesaikannya penulisan skripsi tersebut. Agar kamu tidak salah menulis bagian ini, baiknya kamu pelajari contoh kata pengantar sebelumnya.
  • Daftar Isi

    Halaman ini berisi daftar isi materi serta informasi halaman pada skripsi yang kalian buat.
  • Daftar Tabel

    Daftar tabel merupakan informasi mengenai berapa banyak format tabel yang kalian buat pada skripsi tersebut. Biasanya dibuat seperti daftar isi.
  • Daftar Gambar

    Sama seperti daftar tabel, halaman ini merupakan halaman yang memberitahukan informasi berapa banyaknya gambar yang terdapat pada skripsi tersebut.
  • Daftar Lampiran

    Halaman ini merupakan daftar lampiran, seperti daftar kuesioner, wawancara, dokumentasi atau hal lainnya yang menjadi penunjang saat menyusun skrispi.
  • Abstrak

    Bagian ini berisi intisari dari penelitian yang dibuat. Hal-hal yang harus ada dalam intisari antara lain: tujuan penelitian, subjek, hipotesis, juga metode dan hasil penelitian. Umumnya, panjang abstrak tak lebih dari 200 kata.
Bagian Kedua/Utama :  Berisikan inti dari semua penelitian yang dilakukan. Didalamnya terdapat beberapa bagian diantaranya :

1. Bab 1 Pendahuluan
Dalam penyusunan dan penulisan bab ini perlu diperhatikan dengan beberapa hal penting pada ulasan berikut.
  • Latar Belakang Masalah

    Pada halaman ini silahkan kalian isi dengan informasi-informasi yang terkait dengan masalah yang sedang kalian teliti. Biasanya berkaitan dengan materi, sejarah serta hal lainnya yang berkaitan dengan hal yang sedang kalian teliti sehingga dapat membentuk judul skrkipsi tersebut.
  • Identifikasi Masalah

    Halaman ini berupa penulisan masalah-masalah yang berada pada latar belakang masalah. Dalam hal ini, kalian dapat mengidentifikasi suatu masalah berdasarkan data-data yang valid dan terjadi dalam realita ruang lingkup masalah yang sedang kalian teliti. Bisanya untuk membuat identifikasi masalah, kalian harus melihat masalah-masalah yang akan atau sedang terjadi pada penelitian tersebut dan di tuliskan ke dalam 10 bentuk Pertanyaan. 
  • Pembatasan Masalah

    Dalam bagian ini kalian harus mempunyai batasan yang akan kalian bahas dan sesuai dengan judul. Agar penelitian ini dapat dilakukan lebih fokus, sempurna, dan mendalam maka kalian harus memandang permasalahan penelitian yang diangkat perlu dibatasi variabelnya. 
  • Rumusan Masalah

    Untuk membuat rumusan masalah, silahkan kalian cari pertanyaan bisa 5 atau 6 yang kalian anggap sangat penting dari bagian identifikasi masalah.
  • Tujuan Penelitian

    Jika perumusan sudah kalian tetapkan, maka kalian sudah bisa membuat tujuan penelitian tersebut. Isi dari tujuan penelitian tersebut biasanya merupakan suatu jawaban yang cocok dan seimbang dari semua pertanyaan yang dibuat pada bagian perumusan masalah.
  • Kegunaan Penelitian

    Untuk keguanaan atau manfaat penelitian, silahkan kalian simpulkan sendiri dari permasalahan yang sednag kalian teliti.
  • Sistematika Penulisan

    Sistematika penulisan biasanya dibuat sama persis dengan daftar isi, namun pada kasus ini tidak menggunakan daftar halamannya.
2. Bab 2 : Berisikan bagian penting yaitu landasan teori dan kerangka berfikir. Apa kalian tahu pengertian masing-masing bagian bab tersebut. Simak ulasan berikut ini.
  • Landasan Teori

    Pada landasan teori ini, silahkan kalian menyusun dan mencari sumber atau referensi terkait materi yang berhubungan dengan masalah yang sedang kalian teliti, baik pada buku ataupun internet dan materi-materi ini harus berhubungan satu sama lain.
  • Kerangka Berfikir

    Untuk membuat kerangka berfikir, silahkan kalian membuat gambar atau skema tentang alur pembuatan pada skripsi yang kalian buat serta menjelaskan dalam bentuk uraian yang lebih spesifik.
3. Bab 3 : Berisikan akan bagian dari aktivitas penelitian kalian diantaranya:
  • Tempat dan Waktu Penelitian

    Pada bagian ini, silahkan kalian gambarkan dan jelaskan terkait tenpat serta waktu penelitian yang kalian lakukan dan gambarkan juga pada bentuk tabel sederhana. 
  • Metode Penelitian

    Pada bagian ini, silahkan kalian deskripsikan jenis metode apa yang kalian gunakan dalam melakukan penyusunan skripsi tersebut dan jelaskan secara detail. Dengan begitu skripsi kalian menjadi lebih tahu keaslihannya.
  • Subjek dan Sumber Data Penelitian

    Untuk pengisian lembar ini silahkan kalian cari materi dari berbagai sumber tentang apa itu subjek dan sumber data penelitian serta cantumkan juga elemen atau materi penunjang lainnya yang berkaitan dengan subjek dan sumber data penelitian. 
  • Teknik Pengumpulan Data

    Dalam menyusun teknik pengumpulan data silahkan kalian deskripsikan dengan cara apa saja kalian memperoleh data tersebut. Biasanya untuk skripsi kualitatif data yang digunakan adalah Teknik Observasi, Teknik Wawancara atau Kuesioner (angket), dan Dokumentasi berupa poto hasil penelitian kalian.
  • Teknik Analisis Data

    Untuk menyusun bagian ini, silahkan kalian mencari materi terkait dengan masalah yang sedang di teliti. Biasanya menyangkut teknik apa yang biasa digunakan untuk menyelesaikan masalah yang sedang kalian teliti.
4. Bab 4 : Berisikan tentang hasil penelitian yang kalian lakukan dan pembahasan dari penelitian tersebut. Bagiannya antara lain.
  • Profil tempat penelitian
  • Deskripsi data penelitin
  • Hasil Penelitian
  • Pembahasan dari hasil penelitian tersebut.
5. Bab 5 : Berisikan kesimpulan dan saran atas semua data penelitian yang telah diperoleh.

Bagian Akhir : Pada bagian ini peneliti bisa menyelipkan daftar pustaka dan lampiran yang lain tentunya berkaitan dengan penelitian tersebut.

Panduan Skripsi Kuantitatif


Bagian Pertama : Pada bagian ini mirip dengan skripsi kualitatif seperti halaman sampul, halaman pengesahan dan lainnya.
Bagian Utama : Bagian ini merupakan inti dari skripsi tersebut yang didalamnya terdapat berbagai data hasil dari penelitian yang dilakukan selama ini. Bagian tersebut diantaranya :

1. Pendahuluan
Bagian-bagian yang harus ada pada bab pendahuluan adalah:
  • Latar belakang masalah
  • Tujuan penelitian
  • Manfaat penelitian
2.Landasan teori

Berisi daftar teori apa saja yang digunakan untuk memecahkan rumusan masalah. Pada bagian ini, peneliti bisa menuliskan hipotesis yang diambil.

3. Metode penelitian
Metode penelitian memuat enam hal pokok, yaitu:
  • Identifikasi variabel penelitian,
  • Definisi operasional variabel penelitian,
  • Populasi dan sampel penelitian,
  • Metode dan alat pengumpulan data,
  • Validitas, seleksi item dan reliabilitas alat ukur,
  • Metode analisis data.
4. Pelaksanaan, hasil penelitian, dan pembahasan
  • Orientasi kancah dan persiapan
  • Pelaksanaan penelitian

    Tentu saja bagian ini berisi laporan pelaksanaan penelitian. Di dalamnya, peneliti dapat menuliskan tentang tanggal pelakasanaan dan keadaan subjek selama penelitian berlangsung.
  • Hasil penelitian

    Hasil penelitian berisi laporan analisis data yang berhasil didapatkan dari penelitian. Data ini biasanya disajikan dalam tabel beserta penjelasannya di bawahnya.
  • Pembahasan

    Pada bagian ini, peneliti harus bisa menjabarkan penjelasan mengenai hasil temuan data yang dianalisis menggunakan teori-teori yang telah ditetapkan sebelumnya.
5. Kesimpulan dan saran

Berisi kesimpulan penelitian beserta saran untuk peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian dengan subjek serupa.

Bagian Akhir : Pada bagian ini, peneliti bisa menyelipkan daftar pustaka dan lampiran-lampiran lain yang berkaitan dengan penelitian.

Demikian panduan membuat skripsi yang baik dan benar. Dalam pembuatan skripsi tentunya perlu didukung dengan presentasi yang baik, dengan bisa berpresentasi baik akan penelitian tersebut maka skripsi tersebut dinilai baik pula. Semoga panduan ini bermanfaat bagi semua.

Post a Comment

0 Comments