Panduan Lengkap Hilangkan Jerawat dari Awal Sampai Tuntas

Bisa Oi - Jerawat merupakan gejala yang disebabkan pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Peradangan tersebut ditandai dengan munculnya beberapa benjolan kecil di atas kulit, biasanya juga terdapat nanah di dalamnya. Jerawat pada umumnya paling sering terdapat pada bagian wajah dan juga ada yang terdapat di bagian leher, atas dada bahkan di punggung.

Panduan Lengkap Hilangkan Jerawat dari Awal Sampai Tuntas

Nah bagaimana jika hal tersebut terjadi pada kalian ? Hal tersebut pastinya akan membuat penampilan kalian menjadi kurang maksimal. Apalagi bagi remaja, menurut banyak dari mereka mengatakan jerawat merupakan penyakit yang menyebalkan. Oleh karena itu, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara yang paling tepat untuk menghilangkan jerawat sampai tuntas.

Sebelumnya, kalian juga harus tahu apa yang menyebabkan jerawat sering muncul kulit. Pada umumnya jerawat sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Namun saat kalian memasuki masa remaja akan berbanding terbalik, jerawat akan lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Pada pria biasanya terjadi pada usia 16-19 tahun, sedangkan wanita terjadi pada usia 14-17 tahun.

Untuk itu, langsung saja ketahui apa yang menyebabkan jerawat pada kulit pada ulasan berikut ini.

Penyebab Jerawat Sering Muncul

Ada beberapa penyebab kulit sering muncul jerawat, diantaranya:

a). Hormon

Bagi wanita saat mengalami hari pertama datang bulan, 2-3 hari setelah selesai datang bulan atau ketika mengalami masa menopause. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan produksi minyak berlebih pada wajah.

Kenapa bisa terjadi ? pada saat seperti ini proses pergantian kulit mengalami pelambatan. Hal ini disebabkan meningkatnya produksi hormon androgen dalam tubuh. Akibat dari produksi hormon yang berlebih akan mengakibatkan bakteri lebih mudah berkembang biak pada kulit.

b). Bakteri

Jenis bakteri yang biasa terjadi pada jerawat yaitu Propionibactericum Acnes. Perkembangan bacteri ini akan menyebabkab beberapa gangguan diantaranya penyumbatan folikel rambut dan peradangan.

c). Penyumbatan pada Folikel Rambut

Adanya bakteri yang berkembangbiak pada kulit, lama-kelamaan akan mengakibatkan penyumbatan pada folikel rambut. Penyumbatan ini biasanya terdiri dari campuran sel kulit mati dan sebum.

d). Produksi Sebum yang Berlebih

Kalian tahu apa itu sebum ? Sebum adalah suatu zat yang di produksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.

Setelah kalian mengetahui penyebab timbulnya jerawat. Maka alangkah baiknya kalian juga harus tahu risiko terkena jerawat. Apa sih risikonya ? Lihat pada ulasan berikut ini.

Risiko Terkena Jerawat

Ada beberapa faktor yang berisiko akan menimbulkan jerawat pada kulit, diantaranya :

a). Perubahan hormon

80% kasus jerawat pada wanita terjadi karena adanya perubahan hormon pada masa tertentu, misalnya menjelang menstruasi, tiga bulan pertama masa kehamilan, atau akibat PCOS.

b). Alergi makanan

Biasanya setelah seseorang mengalami alergi makanan, maka pada kulit memerah serta menyebabkan pembengkakan. Pada saat tersebut (pembengkakan) bakteri jerawat akan lebih mudah berkembang biak pada kulit kalian. Hal tersebut nantinya yang menyebabkan kemunculan jerawat setelah terkena alergi pada kulit kalian.

c). Masa pubertas

Pada masa pubertas, aktivitas hormon testosteron akan meningkat. Akibatnya kelenjar minyak menghasilkan sebum dalam jumlah lebih banyak dari yang dibutuhkan kulit.

d). Penggunaan produk rambut

Menurut beberapa dokter, produk rambut seperti pomade atau gel yang memiliki bahan dasar minyak biasanya menyebabkan munculnya jerawat. Mengapa bisa terjadi ? Hal ini bisa terjadi karena kanduangan yang tertera di dalamnya seringkali mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori rambut (comedogenic).

e). Keturunan

Seseorang dari keluarga yang bermasalah dengan jerawat lebih berisiko mengalami jerawat.

f). Gesekan Kulit

Gesekan kulit dengan benda, contohnya jerawat di wajah akibat terlalu sering mengenakan penutup kepala, jerawat di leher karena pemakaian baju yang terlalu ketat di bagian kerah, atau jerawat di punggung akibat sering menggunakan ransel.

g). Stres berlebih

Meski stres tidak menyebabkan jerawat, namun dapat memperburuk kondisi jerawat yang sudah ada.

h). Konsumsi Obat-obatan

Sering mengonsumsi obat-obatan juga menjadi salah satu risiko terkena jerawat. Obat yang biasa di konsumsi seperti penggunaan litium, kortikosteroid, atau obat antikejang.

Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk menghilangkan jerawat. Kalian dapat memanfaatkan bahan-bahan di sekitar kalian seperti bumbu dapur. Selain mudah di dapat bumbu dapur memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Ada juga yang lain yaitu menggunakan buah-buahan. Nah langsung saja bagaimana cara menghilangkan jerawat pada kulit seperti pada ulasan berikut ini.

1. Perasan air lemon, hilangkan bekas dan noda jerawat

Mengapa air lemon dapat menghilangkan jerawat ? Kalian tahu di dalam air lemon mengandung sebuah senyawa yang mampu mengurangi masalah peradangan pada kulit yaitu asam askorbat-L. Kandungan ini memungkinkan juga dapat menghilangkan jerawat bahkan bekasnya pula pada kulit kalian. Oleh karena itu, ikuti langkah dibawah ini untuk menerapkannya pada kulit kalian.
  • Siapkan 1 buah lemon dan potong menjadi 2 bagian
  • Setelah itu peras lemon
  • Oleskan air perasan lemon ke seluruh bagian wajah, terutama yang berjerawat.
  • Diamkan 15-20 menit
  • Bilas dengan air hangat

2. Gel lidah buaya, ampuh hilangkan jerawat membandel

Lidah buaya atau yang disebut juga denga aloevera ini memiliki kegunaan yang sangat ampuh dalam perawatan kulit kalian. Banyak orang memanfaatkan lidah buaya sebagai produk kecantikan. Nah kalian tahu apa yang membuat lidah buaya sangat cocok untuk hilangkan jerawat ? Di dalam lidah buaya terdapat sebuah senyawa aktif yang dapat hilangkan jerawat yakni polifenol. Cara penggunaannya pun sangat mudah seperti langkah di bawah ini.
  • Potong lidah buaya dan keluarkan bagian dagingnya
  • Haluskan hingga membentuk gel
  • Oleskan ke wajah dan diamkan selama 30-45 menit
  • Bilas wajah menggunakan air hangat

3. Pemanfaatan kandungan vitamin dalam buah tomat 

Buah tomat kini tidak asing lagi di telinga kalian pastinya. Bahan dasar ini mudah ditemui dalam dapur selain murah enak rasanya. Nah kenapa tomat kok bisa hilangkan jerawat? Di dalam sebuah tomat akan memiliki kekayaan kandungan vitamin A dan C yang bisa membasmi jerawat pada kulit. Agar kalian terbebas dari jerawat ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Siapkan 1 buah tomat yang sudah matang
  • Iris tipis-tipis atau blender
  • Tempelkan/oles ke semua permukaan wajah
  • Diamkan selama 15-30 menit
  • Bilas wajah menggunakan air hangat

4. Bawang putih, keringkan jerawat secara cepat

Sebagai salah satu bumbu dapur yang tidak kelewatan pada setiap makanan, bawang putih juga memiliki kegunaan dalam dunia kecantikan. Nah apa yang menyebabkan bawang putih bisa hilangkan jerawat ? Di dalam bawang putih terdapat beberapa kandungan yang sangat baik untuk hilangkan jerawat, diantaranya zat sulfur mempercepat hilangnya jerawat, antioksidan, antivirus dan antiseptik yang dapat menghilangkan peradangan pada kulit. Cara penggunaannya seperti ulasan di bawah ini.
  • Siapkan 1 siung bawang
  • Potong menjadi dua bagian
  • Gosokkan secara langsung ke jerawat dan diamkan 15 menit
  • Bilas dengan air hangat

5. Madu, obat segala penyakit

Bahan alami berikutnya adalah madu. Dalam hal ini tentunya dibutuhkan madu murni. Tak jarang juga madu digunakan sebagai alternatif cara mengatasi jerawat batu. Pernah mencobanya?Perlu diketahui bahwa madu mengadung antibakterial yang berperan sebagai penyembuh luka dan juga penghilang jerawat. Cara penggunaannya seperti pada ulasan di bawah ini.
  • Sediakan 1-2 sendok makan madu
  • Hangatkan selama 30 detik ke dalam microwave
  • Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15 menit
  • Bilas wajah menggunakan air biasa
Nah cara di atas bisa kalian terapkan sesuai dengan pilihan kalian mana yang akan digunakan. Kalian perlu ketahui setiap yang ada disekitar kita pasti memiliki kegunaan atau manfaat masing-masing.

Demikian panduan menghilangkan jerwat pada kulit. Lakukan cara tersebut dengan bijak, karena setiap langkah yang tidak dilakukan dengan baik maka pasti akan meninggalkan efek buruk. Terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments