Panduan Lengkap Cek Tagihan Listrik Melalui Ponsel

Bisa Oi - Listrik kini menjadi kebutuhan utama seluruh orang di dunia. Bayangkan jika listrik tidak ada, maka dunia ini terasa gelap seakan tidak ada cahaya yang menyinari di malam hari. Tapi apa kalian tahu makna sebenarnya dari listrik ?

Panduan Lengkap Cek Tagihan Listrik Melalui Ponsel

Listrik adalah rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik. Banyak hal yang baru setelah kemunculan listrik seperti adanya penerangan di malam hari, alat-alat elektronik, internet dan lainnya. Dengan begitu listrik seakan sumber teknologi baru di permukaan bumi ini.

Selain itu, perlu kalian ketahui banyak sekali pembangkit sumber energi listrik di dunia. Berbagai pembangkit energi listrik tersebut diantaranya :
  • Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)
  • Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
  • Pembangkit Listrik Tenaga Batubara (PLTB)
  • Pembangkit Listrik Tenaga Angin.
  •  Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)
  • Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)
  • Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTPB)
  • Dan pembangkit listrik lainnya.
Nah di atas tadi merupakan beberapa pembangkit energi listrik pada umumnya. Kalian tahu di negara Indonesia sendiri pemerintah memanfaatkan dan menggunakan Perusahaan Listrik Negara atau yang biasa dikenal dengan PLN. Dengan adanya PLN maka negara dapat mengelola akan kebutuhan persediaan listrik di seluruh wilayah negara Indonesia ini.

Akan kecukupan listrik di seluruh wilayah negara ini menjadikan suatu kenikmatan tersendiri. Salah satu bentuk kenikmatan yang patut kalian syukuri seperti seluruh akses komunikasi semakin mudah, kebutuhan pokok khususnya daerah pelosok semakin mudah terpenuhi dan masih banyak lainnya.

Cara Cek Tagihan Listrik Melalui Ponsel

Kalian pasti tahu akan tagihan listrik yang kalian bayar sesuai ketentuan tersebut. Perlu kalian tahu ketersediaan listrik ini juga perlu akan perawatan agar pembangkit tersebut dapat berjalan dengan semestinya. Untuk menghindari tagihan listrik yang menunggak, kalian harus rutin untuk membayar tagihan listrik dari PLN tersebut secara rutin dan tepat waktu.

Sebenarnya saat ini sendiri jenis listrik yang di sebarkan ke masyarakat oleh PLN ada dua jenis yaitu yang pertama model lama ada Listrik Pascabayar (sesudah menggunakan listrik kita diharuskan membayar tagihan tersebut, maksudnya adalah kita boleh memakai listrik terlebih dahulu baru kemudian kita harus membayar setelah jangka waktu tertentu), kemudian jenis kedua atau jenis baru adalah Listrik Prabayar (Sebelum menggunakan listrik kita diharuskan membayar terlebih dahulu, maksudnya adalah sebelum kita memakai listrik, kita terlebih dahulu harus membayar sejumlah uang untuk beberapa kWh, minimal pembayaran prabayar adalah Rp20.000).

Nah untuk memudahkan kalian dalam mengecek berapa tagihan listrik pascabayar. Kini PLN sudah mempermudah kalian bagi yang menggunakan listrik pascabayar dapat dicek tagihan melalui ponsel kalian masing-masing. Untuk itu lihat ulasan di bawah ini bagaimana cara untuk cek tagihan listrik pascabayar tersebut.

Cara cek tagihan listrik pascabayar PLN melalui Via SMS

Untuk mengeceknya kalian cukup perlu menggunakan via sms. Nah bagaimana caranya ikuti langkah berikut ini.

Cara mengirim pesan ke PLN dengan format sebagai berikut REK (spasi) No. ID Pelanggan Kalian, lalu setelah itu kirim ke 8123. Contoh seperti berikut, REK 123456789000 kirim ke 8123.

Cara langganan cek tagihan listrik pascabayar PLN Via SMS

Untuk memulai berlangganan pengecekan tagihan listrik jenis pascabayar PLN setiap bulan melalui SMS, sobat bisa melakukan hal tersebut dengan cara mengirimkan format pesan sms sebagai berikut PLN (spasi) ON (spasi) No. ID Pelanggan Kalian, kemudian setelah itu kirim ke 8123. Contoh seperti berikut, PLN ON 123456789000 kirim ke 8123. 

Cara berhenti langganan cek tagihan listrik pascabayar PLN Via SMS

Selain itu kalian juga dapat berhenti berlangganan dari layanan pengecekan tagihan listrik pascabayar tadi, kalian bisa melakukannya dengan cara mengirim pesan berhenti langganan ke PLN, untuk pesannya memiliki format sebagai berikut PLN (spasi) OFF (spasi) No. ID Pelanggan Kalian, selanjutnya setelah itu sobat kirim ke 8123. Contoh seperti ini, PLN OFF 12345789000 kirim ke 8123.

Nah cukup mudah bukan, dengan begitu kalian dapat mengetahui tagihan listrik pascabayar kalian di PLN dengan hanya melalui Via SMS.

Demikian panduan cek tagihan listrik melalui ponsel. Ikuti langkah tersebut dengan baik agar kalian dapat memperoleh hasil yang maksimal pula. Terima kasih, semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments