Materi Teks Cerita Sejarah Beserta Contohnya Lengkap

Bisa Oi - Kalian tahu apa itu teks cerita sejarah ? Saat kalian ingin mengetahui akan suatu peristiwa yang terjadi di jaman dahulu seperti kemerdekaan Indonesia. Pastinya kalian akan mengetahuinya dari sebuah tulisan atau buku yang membahas urutan peristiwa tersebut, bahkan berkelanjutan sampai sekarang. Dengan begitu, kalian dapat memahami apa yang terjadi dan bisa mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.

Materi Teks Cerita Sejarah Beserta Contohnya Lengkap

Nah, kali ini saya akan membagikan sebuah materi tentang teks cerita sejarah mulai dari struktur, jenis, unsur kebahasaan dan lainnya. Teks cerita sejarah sekarang ini menjadi salah satu materi kurikulum pendidikan di Indonesia. Maka dari itu mari mengenal apa saja yang ada di teks cerita sejarah itu.
Kalian tahu sejarah itu apa ? 
Peristiwa sejarah merupakan peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Kejadian dalam peristiwa tersebut dianggap sebagai proses atau dinamika dalam suatu konteks historis.
×

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Saat mendengar kata sejarah, apa yang ada di benak fikiran kalian pertama kali ? Sudah pasti menghubungkannya dengan masa lalu. Namun lain halnya, kalian tahu apa makna dari teks cerita sejarah itu ?

Teks cerita sejarah adalah teks yang menjelaskan dan menceritakan tentang fakta dan kejadian pada masa lampau yang menjadi latar belakang terjadinya sesuatu yang mempunyai nilai sejarah. Maksudnya sebuah peristiwa yang telah terjadi ditulis dalam sebuah lembaran cerita bertujuan agar semua orang dapat mengambil pelajaran akan peristiwa tersebut.

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

Adapun ciri - ciri yang terdapat dalam teks cerita sejarah, diantaranya :
  1. Disajikan secara kronologis atau urutan peristiwa atau urutan kejadian.
  2. Bentuk teks cerita ulang (recount)
  3. Struktur teksnya: orientasi, urutan peristiwa, reorientasi.
  4. Sering menggunakan konjungsi temporal.
  5. Isi berupa fakta.

    Struktur Teks Cerita Sejarah

    Dalam teks cerita sejarah harus ada 3 struktur agar bisa menjadi teks cerita sejarah yang baik, diantaranya :
    1. Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
    2. Urutan Peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, umumnya disampaikan dalam urutan kronologis.
    3. Reorientasi, berisi komentar atau pendapat pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Reorientasi boleh ada, boleh tidak. Terserah kehendak penulis teks cerita sejarah. 

      Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

      Selain stuktur teks, kalian juga harus memahami ciri kaidah kebahasaan sebuah teks cerita sejarah. Berikut ini kebahasaan teks cerita sejarah.
      1. Pronomina (kata ganti): kata yang dipakai untuk menggantikan benda dan menamai seseorang atau sesuatu secara tidak langsung.
      2. Frasa Adverbial: kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, waktu, dan tempat.
      3. Verba Material: kata yang berfungsi menunjukkan aktivitas yang dilakukan oleh partisipan. Menunjukan perbuatan fisik atau peristiwa, contohnya menulis, mengepel, menyapu.
      4. Konjungsi Temporal (kata sambung waktu): berfungsi menata urutan peristiwa yang diceritakan. Umumnya banyak menggunakan kata penghubung temporal.
      5. Konjungsi Subordinatif : konjungsi yang menghubungkan antara kalimat dengan induk kalimat atau menghubungkan bagian dari kalimat subordinatif. Konjungsi subordinatif juga menghubungkan dua (klausa) yang kedudukannya tidak sederajat. Contohnya yang, jika, kalau, semenjak, dengan, tanpa, sehingga, sampai.
      6. Nominalisasi : suatu proses pembentukan nomina dari kelas kata yang lain dengan menggunakan afiks tertentu. Contohnya menggunakan kombinasi afiks pemer-, keber-an, kese-an, keter-an.
      7. Kata Rujukan : kata yang merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya. Contohnya itu, ini, tersebut.

      Jenis - Jenis Teks Cerita Sejarah

      Ada 2 jenis teks cerita sejarah, diantaranya :

      Teks Cerita Sejarah Fiksi

      Yaitu karya sastra yang berisi cerita rekaan atau didasari dengan angan-angan (fantasi) dan bukan berdasarkan kejadian nyata, hanya berdasarkan imajinasi pengarang. Terdapat beberapa macam teks cerita sejarah fiksi, diantaranya :
      • Novel adalah karya fiksi prosa yang ditulis secara naratif, umumnya dalam bentuk cerita. Penulisnya disebut novelis.
      • Cerpen adalah cerita pendek berbentuk prosa naratif fiktif. Cenderung padat dan langsung pada tujuan nya dibandingkan dengan karya fiksi lainnya yang umumnya lumayan panjang.
      • Legenda adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh sebagian orang merupakan sesuatu yang benar-benar terjadi.
      • Roman adalah jenis karya sastra berbentuk prosa yang melukiskan perbuatan pelakunya menurut watak dan jiwa masing-masing. Roman bisa juga disebut kisah percintaan.

      Teks Cerita Sejarah Nonfiksi

      Yaitu karya sastra berisi cerita yang benar-benar terjadi secara nyata dan bukan sebuah angan-angan pengarang. Terdapat beberapa macam teks cerita sejarah nonfiksi, diantaranya :
      • Biografi adalah keterangan kehidupan seseorang yang ditulis oleh orang lain.
      • Autobiografi adalah kisah atau keterangan hidup yang ditulis oleh orang itu sendiri.
      • Cerita Perjalanan adalah teks yang menceritakan tentang perjalanan.
      • Catatan Sejarah adalah teks yang menceritakan fakta atau kejadian masa lalu yang menjadi latar belakang sesuatu mempunyai nilai sejarah.

      Apa Perbedaan Teks Cerita Sejarah Fiksi dan Nonfiksi ?

      Nah dari jenis teks cerita sejarah yang kalian baru ketahui sebelumnya, tetapi apa sih yang membedakan teks cerita sejara fiksi dan nonfiksi ? Maka dari itu, untuk mengetahui perbedaan keduannya lihat pada tabel di bawah ini.
      Fiksi Nonfiksi
      1. Jalan cerita disusun berdasarkan dunia nyata.
      2. Gambaran kehidupan batin seorang tokoh lebih dalam.
      3. Pengembangan karakter tokoh tidak sepenuhnya terungkap.
      4. Menyajikan kehidupan sesuai pandangan pengarang.
      1. Tersusun oleh fakta yang objektif.
      2. Gambaran kehidupan tokoh ditulis lebih lengkap berdasarkan fakta.
      3. Menyajikan kehidupan sesuai data dan fakta.

      Contoh Teks Cerita Sejarah

      Setelah kalian memahami semua apa yang ada pada teks cerita sejarah. Maka sekarang ini kalian bisa lihat contoh teks cerita sejarah di bawah ini.

      SEJARAH INTERNET

      Struktur: Orientasi

      Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), dimana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

      Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi bisa dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

      Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang bisa mudah dihancurkan.

      Struktur: Urutan Peristiwa

      Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, dimana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.

      Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

      Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi 2, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas.

      Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

      Struktur: Reorientasi

      Sekarang internet sudah menjadi hal yang sangat penting bagi manusia, contohnya untuk siswa sekolah. Mereka bisa mendapatkan informasi yang tidak ada di perpustakaan sekolah, semua itu bisa asalkan mereka mempunyai koneksi internet.

      Demikian ulasan mengenai materi teks cerita sejarah kali ini. Terus semangat dalam mencari apa yang kalian belum tahu. Sesungguhnya pengetahuan tidak akan di ketahui, jika kalian tidak berusaha untuk mengetahuinya.

      Post a Comment

      0 Comments