Cara Mudah Memperbaiki Mesin Cuci Sering Bermasalah

Bisa Oi - Kalian pastinya sudah tidak asing lagi dengan alat mencuci pakaian secara otomatis atau yang biasa dikenal dengan mesin cuci. Sebelumnya apa kalian tahu apa pengertian dari mesin cuci itu sendiri ?

Cara Mudah Memperbaiki Mesin Cuci Sering Bermasalah

Mesin cuci adalah sebuah mesin yang dirancang untuk membersihkan pakaian dan tekstil rumah tangga lainnya seperti handuk dan sprei. Biasanya terbatas ke mesin yang menggunakan air untuk mencuci, dan tidak seperti cuci kering yang menggunakan cairan pembersih alternatif dan biasanya dilakukan oleh bisnis khusus.

Kalian tahu sebuah barang yang bersifat elektronik pastinya tidak luput dari permasalah. Setiap permasalahan yang terjadi pastinya bukan karena tidak adanya sebab. Pasti penyebab bisa dikarenakan kesalahan saat menggunakannya atau bawaan produk tersebut sejak terbeli (cacat).

Dengan begitu kalian juga harus tahu akan penyebab permasalahan pada mesin cuci pada umumnya. Sehingga kalian dapat mempelajari seluk-beluk masalah terjadi dan kalian juga dapat memperbaikinya walaupun hanya sedikit.

Nah sebelum kalian tahu cara memperbaiki permasalahan yang terdapat dalam mesin cuci. Ketahui beberapa mesin cuci sering mengalami masalah seperti pada ulasan di bawah ini.

Penyebab Mesin Cuci Sering Bermasalah

Ada beberapa penyebab mesin cuci sering mengalami masalah, diantaranya :

Banyak kabel dalam putus

Kabel merupakan salah satu bagian penting dari mesin cuci. Di dalam mesin cuci, kabel berfungsi sebagai penghubung daya yang akan di transfer menjadi energi sehingga mesin cuci dapat berputar seperti semestinya.

Diantara permasalahan yang dialami mesin cuci ini adalah kabel power putus atau lilitan dynamo short putus pada bagian starter. Masalah ini membuat mesin cuci tidak dapat dinyalakan, sehingga kalian tidak bisa melakukan aktivitas mencuci seperti biasanya. Kabel yang putus dapat terjadi karena termakan usia atau di dalam mesin cuci tersebut sangat kotor sehingga terdapat serangga atau hewan yang menempatinya.

Banyaknya pakaian yang di masukkan

Biasanya jika kalian melakukan aktivitas yang padat, pasti tidak sempat mencuci pakaian setelah beberapa hari. Pada saat hari mencuci, kalian memasukkan pakaian yang sudah menumpuk tersebut secara bersamaan kedalamnya. Sehingga perputaran mesin cuci kalian menjadi berat. Akibatnya perputaran mesin cuci melambat bahkan tidak bisa berputar sekalipun.

Selang bocor atau lepas

Permasahan berikutnya pada mesin cuci adalah selang bocor atau lepas. Masalah ini biasanya terjadi karena kurangnya perawatan setelah digunakan. Saat selang bocor kemungkinan ada beberapa sebab bisa terkena benda runcing atau sudah termakan usia. Nah untuk selang yang lepas dikarenakan kurang rapat dalam pemasangannya. Sehingga saat kejadian air cucian akan keluar terus menerus sampai habis.

Nah diatas tadi merupakan salah satu dari banyak penyebab sering mengalami masalah. Selanjutnya mari ketahui solusi awal untuk memperbaiki berbagai permasalah yang terjadi pada mesin cuci. Untuk itu simak ulasan di bawah ini mengenai solusi perbaikan mesin cuci yang sering bermasalah.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sering Bermasalah


Mesin cuci tidak menyala

Kalian tahu banyak pemilik saat mesin cuci bermasalah spontan untuk membawanya ke tukang servis. Akan tetapi dari apa yang dipermasalahkan tersebut merupakan hal yang sangat sederhana dan sepele.  Seperti contohnya mesin cuci tidak mau menyala saat akan digunakan. Nah bagaimana cara mengatasinya ? langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.
  • Pertama-tama, periksa apakah kabel listrik telah terpasang dengan benar. Kalian harus melihat ke bagian belakang mesin dan melihat apakah ada bagian kabel yang rusak atau terbuka.
  • Periksa katup sumber air untuk memastikan bagian ini terhubung dan terbuka, perhatikan juga selang tidak terlilit atau tertekuk.
  • Jika mesin cuci masih tidak dapat beroperasi, lihat ke bagian pintu mesin. Mesin cuci modern didisain untuk tidak bisa dijalankan jika pintu dalam keadaan terbuka atau tidak sepenuhnya tertutup rapat.
  • Lihat buku panduan dan periksa apakah kalian sudah menjalankan program cucian yang sesuai.
Hal-hal sederhana ini sangat besar dampaknya namun mudah diatasi. Masalah lain yang umum terjadi adalah terjadinya kebocoran air.
  • Periksa mesin cuci kalian secara menyeluruh untuk mengetahui sumber kebocoran.
  • Perhatikan bagian karet sekitar pintu tabung mesin cuci dan sambungan selang di bagian belakang.
  • Jika karet rusak atau longgar, mungkin perlu diganti; selang yang longgar bisa dikencangkan.
 

Macet tidak berputar saat digunakan

Ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan mesin cuci sering macet saat kalian gunakan. Bisa saja pakaian yang kalian masukkan terlalu banyak sehingga beban putaran bertambah. Maka dari itu, kurang pakaian yang kalian masukkan untuk dicuci, agar mesin cuci tidak terbebani akan pakaian yang kalian masukkan tadi.

Selanjutnya, Jika mesin cuci macet dan hanya terdengar dengung. Coba  periksa serta bersihkan pada  as dan bos. Setelah kalian bersihkan lakukan pelumasan agar mesin cuci kalian menjadi lancar kembali.

Ada juga kemungkinan lain seperti kapasitor jebol, kabel power putus atau lilitan dynamo short putus pada bagian starter. Untuk mengatasinya coba periksa hubungan semua kabel dengan tester termasuk kabel yang terhubung ke dinamo yang terletak di bagian belakang bawah. Jika terdapat kabel yang putus coba kalian perbaiki sesuai kemampuan. Akan tetapi jika sudah tidak sanggup untuk perbaiki silahkan kalian hubungi tenaga ahli.

Kerusakan pada timer juga bisa menyebabkan dynamo tidak mau berputar sama sekali. Periksa timer atau kabel yang terhubung ke timer.

Tidak dapat membilas hingga bersih

Biasanya setelah kalian mencuci pakaian masih terlihat kotoran yang menempel, maka kemungkinan mesin cuci tersebut mengalami masalah yakni tidak bisa membilas hingga bersih. Masalah ini bisa saja terjadi karena beban pakaian yang overload. Namun, masalah ini juga dapat terjadi karena mesin cuci tidak menerima pasokan air dengan baik. Atasi masalah ini dengan cara perawatan mesin cuci berikut:
  • Periksa katup pasokan air yang bisa terhubung dengan selang pengisian air bersih
  • Jika selang tertekuk, maka luruskan selang tersebut hingga air dapat mengalir dengan lancar
  • Pastikan selang pembuangan air tidak tersumbat dan mampu membuang air hingga bersih
  • Isi mesin dengan air yang deras. Bila masih tersumbat, cobalah untuk mengganti selang yang baru atau segera hubungi pihak servis untuk mengatasi masalah ini.

Kebocoran pada Mesin Cuci
Masalah selanjutnya ialah kebocoran pada mesin cuci. Hal ini biasanya terjadi karena selang yang bocor atau lepas. Nah bagaimana cara mengatasinya ? Kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini untu memperbaikinya.
  • Ganti selang pengisian atau pembuangan air dengan yang baru, pasang secara rapat
  • Kalian juga dapat menuangkan ½ cangkir cuka putih pada seliter air dan campurkan ke cucian untuk mengurangi residu busa yang meluap dan mengakibatkan kebocoran
  • Lihat segel pada bantalan mesin, dan ganti bila perlu

Memperbaiki dan mengganti suku cadang mesin

Mesin cuci pada umumnya terbuat dari banyak bagian-bagian atau suku cadang yang dapat dilepas, yang sangat mungkin untuk rusak atau aus selama pemakaian. Jika pembersihan secara menyeluruh tidak menyelesaikan masalah kalian, mungkin saatnya mengganti bagian yang rusak. Berikut beberapa suku cadang mesin cuci yang mungkin perlu diganti, beserta penjelasan kegunaan masing-masing:
  • Pompa air (mengisi dan menguras tabung).
  • Sabuk pemutar mesin cuci (menjalankan motor, sabuk yang sudah aus akan mengeluarkan bunyi yang cukup keras terutama saat mesin cuci dijalankan).
  • Katup air masuk (mengatur suhu air dan pengisian tabung).
  • Timer / penghitung waktu (mengatur pengisian, lamanya putaran, dan program pencucian).
  • Panduan mendasar perbaikan mesin cuci ini tidak akan menjelaskan secara detil cara memperbaiki atau mengganti suku cadang  tersebut. Untuk itu, serahkan pada ahlinya saja.

Demikian cara mudah memperbaiki mesin cuci sering bermasalah. Lakukan langkah diatas tadi dengan baik agar kalian memperoleh hasil yang maksimal. Terima kasih, semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments