Cara Menyimpan Office Word Menjadi File PDF Terbaru

Bisa Oi- Kalian pasti tidak lepas dari tugas pekerjaan, banyak sekali dari beberapa tugas yang kalian kerjakan menggunakan komputer untuk membuat sebuah dokumen yang berisikan tugas yang dikerjakan. Terkadang dokumen tersebut yang akan di kumpulkan dimintai dengan format PDF, tentu saja saat pertama kali kalian mengenal akan dunia office pasti kebingungan untuk merubah format file dokumen tersebut. Nah kali ini saya akan membagikan bagaimana cara menyimpan file dokumen menjadi berformat file PDF.

Apa yang kalian tahu tentang PDF ? PDF (Portable Document Format) adalah jenis format dokumen atau berkas untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.

Awalnya format ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, namun sekarang format PDF juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra.

Tak hanya itu saja, Adobe System Inc kini juga mengembangkan program Acrobat 3-D berupa kemampuan PDF untuk membaca dokumen tiga dimensi. Kini PDF sudah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1:2008 sejak Juli 2008.

Sesuai dengan pengertian PDF di atas, format ini sering digunakan dalam administrasi perkantoran karena kemudahannya. Meskipun pada awal rilis format ini kurang diminati karena kalah bersaing dengan pendahulunya yakni Microsoft Office, namun karena memiliki fitur yang memudahkan penggunanya untuk mengarsipkan dokumen membuat PDF saat ini semakin banyak digunakan.

Dari penjelasan diatas berarti saat ini file PDF menjadi format yang banyak diminati baik itu dalam waktu membuat surat lamaran kerja yang akan dikirim melalui email maupun lainnya. Untuk itu mari ikuti langkah-langkah menyimpan file dokumen menjadi file pdf berikut ini.

Cara Menyimpan Office Word Menjadi File PDF


Untuk menyimpan file dokumen menjadi pdf tersebut sangatlah mudah dengan beberapa langkah singkat maka file tersebut akan berubah menjadi berformat pdf. Langsung saja ikuti langkahnya dibawah ini.

1. Buka Aplikasi Office Word Kalian.
2. Silahkan kalian buat sebuah dokumen atau telah dibuat yang akan disimpan menjadi PDF.
Dibawah merupakan contoh file dokumen tentang surat lamaran perkerjaan yang akan dirubah menjadi berformat pdf.

Cara Menyimpan Office Word Menjadi File PDF Terbaru

3. Setelah kalian membuat dokumen tersebut. Selanjutnya kalian pilih menu File yang biasa terdapat pada pojok kiri tampilan.

Cara Menyimpan Office Word Menjadi File PDF Terbaru

4. Langkah berikutnya setelah kalian pilih maka akan muncul tampilan baru yang berisikan beberapa menu. Didalam tampilan ini silahkan pilih menu Save as.

5. Setelah kalian memilih menu tersebut maka akan muncul popup save. Pada bagian file name silahkan kalian ketikan nama file sesuai apa yang dibuat. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan. Kemudian pada bagian Save as Type silahkan pilih format PDF.

Cara Menyimpan Office Word Menjadi File PDF Terbaru

6. Dengan kalian memilih pdf maka secara otomatis file tersebut berubah memiliki format pdf. Setelah itu klik save atau simpan.

Demikian cara singkat untuk menyimpan sebuah dokumen menjadi memiliki format pdf. Terus update perkembangan tutorial mengenai berbagai macam teknologi terbaru baik itu didunia internet maupun yang lainnya. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments