Cara Mengembalikan Data Hilang di FlashDisk Terkena Virus atau Terhapus

Bisa Oi - Kini penggunaan laptop atau PC sangatlah tinggi terutama dikalangan mahasiswa dan karyawan. Banyak fungsi yang terdapat di dalamnya seperti sumber informasi online, media tulis digital dan lainnya. Tidak sedikit dari kalian yang sering membawa laptop kemana pun ia pergi hanya sekedar untuk bejaga-jaga kalau dibutuhkan.

Cara Mengembalikan Data Hilang di FlashDisk Terkena Virus atau Terhapus

Jika ada laptop atau PC biasanya juga ada FlashDisk. Kalian sudah tidak asing lagi dengan alat tersebut. Akan tetapi kalian tahu apa sebenarnya FlashDisk itu ? FlashDisk merupakan sebuah media penyimpanan data portabel yang dihubungkan melalui port USB laptop atau PC.

Banyak variasi penyimpanan FlashDisk sekarang ini, mulai ada yang 8 GB bahkan lebih. Jadi keberadaan alat ini sangat berguna sebagai alat pemindah data simpel dan sederhana. Akan tetapi gimana jika data atau file yang ada di dalam FlashDisk tersebut hilang ?

Wah pastinya kalian akan kebingungan nih karena di dalamnya ada salah satu data penting. Biasanya ada beberapa sebab yang mengakibatkan data atau file di dalam FlashDisk tersebut Hilang. Untuk itu ketahui apa penyebabnya pada ulasan berikut ini.

Penyebab Data atau File yang Hilang di FlashDisk

Ada berbagai penyebab yang mengakibatkan data atau file di dalam FlashDisk tersebut hilang, diantaranya :

Terkena Virus

Penyebab pertama ialah FlaskDisk terkena virus. Mengapa virus dapat menyebabkan data atau file dalam FlashDisk kalian hilang ? Sebenarnya jika FlashDisk kalian terkena virus tenang saja jangan terburu-buru untuk menjualnya. Virus yang menyerang FlashDisk fungsinya hanya menyembunyikan data kalian bukan menghilangkannya.

Sistem kerjanya dengan membuat tiruan data atau file kalian sehingga sulit untuk diakses. Namun virus ini tidak membuat kapasitas FlashDisk kalian bertambah.

Tidak Sengaja Terhapus

Data atau file yang terhapus tidak sengaja merupakan hal yang wajar. Bisa juga karena tidak fokus mengakibatkan kalian salah pencet tombol yang akibatnya menghapus data atau file di dalam FlashDisk.

Bisa saja kalian tidak sengaja melakukan format saat salah pilih data yang sudah di pileh sebelumnya. Akibatnya data atau file di dalamnya hilang secara keseluruhan.

Error Media Penyimpanan

Biasanya hal seperti ini diakibatkan karena FlashDisk kalian yang sudah rusak. Karena kerusakan tersebut maka data atau file yang ada di dalamnya menjadi terganggu juga. Bisa saja ke hapus atau terformat dengan sendirinya. Selain itu hal ini dapat juga mengakibatkan data atau file tidak bisa terbaca alias tersembunyi.

Nah diatas tadi merupakan beberapa penyebab mengapa data di FlashDisk hilang. Selanjutnya mari ketahui bangaimana cara mengatasi data di FlashDisk terkena virus atau terhapus. Untuk itu ikuti langkah-langkah di bawah ini agar data atau file kalian bisa kembali seperti semula.

Cara Mengatasi Data Hilang di FlashDisk

Ada beberapa cara yang dapat kalian terapkan untuk mengembalikan data atau file tersebut, diantaranya :

Kembalikan data terkena virus dengan CMD

Cara ini memang cukup simpel karena tidak membutuhkan aplikasi lain. Kalian cukup dengan memanfaatkan keberadaan salah satu fitur yang tersedia pada laptop atau PC. Fitur tersebut ialah Command Prompt (CMD). Dengan ini kalian akan lebih mudah untuk melakukannya. Langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk kembalikan data atau file kalian yang hilang di FlashDisk karena virus.
  1. Siapkan FlashDisk kalian yang dikembalikan datanya.
  2. Hubungkan FlashDisk ke USB laptop atau PC kalian.
  3. Selanjutnya, hapus shortcut yang ada di dalamnya sampai terlihat kosong.
  4. Buka CMD pada laptop atau PC. Kalian bisa membukanya dengan menggunakan tombol Windows + R lalu ketikkan cmd di dalamnya dan enter.
  5. Kemudian lihat directory tempat FlashDisk kalian berada, misal F maka ketikkan di cmd F: dan enter (hanya menambahkan titik dud didepanya saja dan pastikan huruf kapital).
  6. Setelah itu ketikkan attrib -s -h *.* /s /d (menggunakan spasi pada setiap bagiannya). Lalu tekan enter.
  7. Selanjutnya tinggal lihat hasilnya, maka data atau file hilang sebelumnya kembali lagi seperti semula.

Kembalikan data yang hilang dengan membuka hidden folder

Cara ini berfungsi untuk mengembalikan data file yang hilang karena disembunyikan oleh sistem. Kejadian yang biasa terjadi ialah saat melakukan pemindahan data ke sebuah FlashDisk, kemudian FlashDisk tersebut dihubungkan ke laptop atau PC lain hilang. Untuk itu ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasinya.
  1. Buka Windows Explorer dengan cara tekan tombol Windows + E.
  2. Setelah muncul tampilannya, cari menu Show hidden files, folders, and drives. Kalian dapat lihat pada langkah di bawah ini.

    Windows 7
    - Buka tab Organize yang terdapat pada pojok kiri.
    - Selanjutnya pilih menu Folder and Search Options
    - Setelah itu pilih tab view
    - Di dalam tab view terdapat beberapa pilihan menu. Pilih menu Hidden files and folders.
    - Kemudian kalian pilih menu Show hidden files, folders, and drives
    - Lalu klik apply dan tekan ok

    Windows 8 dan 10
    - Buka tab view yang ada di samping menu share.
    - Setelah itu pilih menu options dan klik menu Change folder and Search Options
    - Kemudian saat tampilan muncul pilih menu view
    - Di dalam tab view terdapat beberapa pilihan menu. Pilih menu Hidden files and folders.
    - Kemudian kalian pilih menu Show hidden files, folders, and drives
    - Lalu klik apply dan tekan ok
  3. Kemudian tinggal lihat hasilnya data kalian sudah terlihat kembali.

Menggunakan software EaseUS Data Recovery

EaseUS Data Recovery ini merupakan salah satu software yang ampuh untuk mengembalikan data yang hilang pada FlaskDisk kalian. Nah kalian bisa mengkuti langkah di bawah ini untuk menerapkannya pada FlashDisk terhapus atau terformat.
  1. Downloah terlebih dahulu EaseUS Data Recovery dan install.
  2. Setelah terinstall, buka software tersebut. Lalu pilih drive sesuai dengan lokasi FlashDisk kalian. Karena FlashDisk adalah external devices maka kamu langsung cek di bagian external devices saja. Saat sudah ketemu klik dua kali lokasi flashdisk kalian. Nanti EaseUS Data Recovery akan men-scan sendiri data-data yang telah terhapus.
  3. Setelah itu, akan muncul beragam file. Nah, pilih file yang ingin dipulihkan, berikan centang, dan klik Recover.
  4. Lalu pilih lokasi untuk pengembalian data dan klik OK.
  5. Selanjutnya, klik Save.
  6. Buka FlashDisk kalian di Windows Explorer lalu klik folder Recovered Data dengan tanggal recovery-nya.
  7. Nanti akan muncul nama drive kamu kemudian klik lagi folder yang diberi nama seperti nama FlashDisk kalian.
  8. Nah sekarang data kalian sudah kembali lagi.
Nah cukup mudah bukan untuk mengembalikan data hilang di FlashDisk yang terkena virus atau terhapus secara tidak sengaja.

Demikian tutorial untuk kembalikan data yang hilang di FlashDisk kalian. Ikuti langkah-langkah tersebut dengan baik agar memperoleh hasil yang maksimal pula. Terima kasih, semoga tutorial ini bermanfaat bagi kalian semua.

Post a Comment

0 Comments